PARINGIN – Pemerintah Kabupaten Balangan meraih predikat sebagai pemenang pertama Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) kategori kabupaten tahun 2020.

Hal itu disampaikan Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor melalui video conference yang digelar dalam rangka Musrenbang RKPD tahun 2021 Provinsi Kalimantan Selatan, Selasa (28/4/2020).

Sementara peringkat kedua, diraih Kabupaten Tanah Laut, dan peringkat ketiga didapat Kabupaten Tanah Bumbu. Sedangkan pemenang PPD kategori kota madya diraih Kota Banjarbaru.

“Saya memberikan apresiasi kepada kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan, atas pembangunan sepanjang tahun 2019-2020 yang telah berhasil mewujudkan perencanaan pembangunan dengan hasil yang baik,” ucap gubernur yang akrab disapa Paman Birin ini.

Keberhasilan Kabupaten Balangan meraih predikat PPD nomor wahid tersebut, lanjut Paman Birin, karena telah memenuhi beberapa indikator, di antaranya sudah menerapkan integrasi aplikasi perencanaan dan penganggaran dengan Simda Integrated BPKP.

“Indikator-indikator makro Kabupaten Balangan juga meningkat signifikan setiap tahunnya, seperti IPM yang meningkat dan pengangguran serta kemiskinan dapat diturunkan. Ditambah lagi Balangan telah meraih Opini WTP enam kali berturut-turut,” tandasnya.

Menanggapi prestasi yang diraih tersebut, Bupati Balangan H Ansharuddin mengaku berstukur. Ia mengatakan, apa yang sudah dilaksanakan baik pembangunan fisik maupun non fisik memang sudah menjadi komitmen. “Artinya ini bukan sekadar penghargaan, akan tetapi memang diterapkan,” tegasnya. (metro7/wrt)