PARINGIN, metro7.co.id – Berhasil meraih Lima kursi dan sukses menjadi Runner-up di Pileg Balangan dan akan menempatkan Caleg terpilihnya pada unsur pimpinan DPRD Balangan berdasarkan hasil Pileg februari lalu.

Berkat hasil tersebut, Nasdem Balangan bisa mengusung pasangan Calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala daerahnya sendiri pada Pilkada November mendatang tanpa berkoalisi, karena raihan Lima kursi adalah 20% dari total 25 kursi di DPRD Balangan.

Meski demikian, DPD Nasdem Balangan tetap membuka pendaftaran bakal calon bupati (bacabup) dan bakal calon wakil bupati (bacawabup) secara terbuka, baik itu dari kader Nasdem maupun dari luar Nasdem,.

Ketua DPD Nasdem Balangan Muhammad Rizkan mengatakan, pihaknya membuka pendaftaran atau rekrutmen Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Balangan untuk Pilkada 2024 ini selama sepekan yakni, dari tanggal 1 hingga 7 Mei mendatang.

Selain mekanisme Partai, menurut Rizkan, dari penjaringan ini Nasdem dan masyarakat Balangan ingin mendapatkan pemimpin secara terbuka dan berkualitas.

“Maka dalam proses penjaringan tersebut ada seleksi dari DPD, DPW sampai DPP nanti yang akan menentukan,” ujarnya, Sabtu (4/5/2024)

Meski bisa mengusung calon sendiri, lanjut dia, pihaknya tetap membuka ruang diskusi untuk berkoalisi dengan Partai lain dalam perhelatan Pilkada nanti.

“Kita tetap membuka ruang koalisi selebar-lebarnya dengan partai lain, untuk menentukan siapa putra-putri terbaik balangan baik dari Nasdem ataupun partai lain, sehingga calon yang kita usung nanti benar-benar berasal dari keinginan masyarakat dan yang terbaik untuk Balangan,” pungkasnya. ***