PARINGIN – Pasca ditetapkanya siaga darurat pencegahan penularan Covid-19, Bupati Balangan H Ansharuddin langsung melakukan pemantauan pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Balangan, Senin (13/4/2020).

Bukan tanpa alasan, Ansharuddin ingin memastikan fasilitas kesehatan rumah sakit milik pemerintahd aerah tersebut tetap melayani masyarakat dengan aturan yang telah diberlakukan, dan siap siaga jika ada warga yang diduga terpapar virus corona.

Beberapa hal menjadi pantauannya, seperti jumlah larangan pembesuk datang berkunjung ke ruang perawatan, serta jumlah penunggu pasien yang hanya dibolehkan maksimal satu orang, sebagaimana yang diatur dalam edaran dalam rangka mencegah meluasnya penularan Covid-19.

Selain itu, Ansharuddin juga sempat mengunjungi ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) dan ruang praktik dokter. Di ruang ini, Ansharuddin berbincang dengan para dokter dan perawat, serta pasien terkait aktivitas pelayanan rumah sakit.

“Selain ingin memastikan kesiapan petugas kesehatan dalam menghadapi virus corona, saya ke sini juga memberikan dukungan kepada rekan-rekan petugas kesehatan kita dalam menjalankan tugasnya,” ucapnya.

Sesuai kebijakan, lanjut Ansharuddin, pemkab akan menambah insentif bagi tenaga medis yang memberikan perawatan terhadap pasien ODP maupun PDP.

Sementara itu, Direktur RSUD Balangan dr Ferry menyebut, kendati saat ini RSUD Balangan tidak menangani atau melakukan perawatan terhadap pasien virus corona, namun pihaknya tetap menyiapkan kelengkapan penanganan dan tenaga medis yang sudah terlatih, jika ada pasien diduga terdampak.

“Petugas kita siapkan di IGD, sebelum pasien tersebut dirujuk ke rumah sakit rujukan yang menangani virus corona,” pungkasnya. (metro7/wrt)