METRO7.CO.ID, PARINGIN – Mendapati laporan dari masyarakat terkait adanya dugaan penyimpangan oleh oknum jaksa dalam pelaksanaan tugasnya di Kejaksaan Negeri Balangan, Kejati Kalsel meresponnya dengan bergerak cepat.

Selasa (31/7) kemarin, bagian pengawasan dari Kejati Kalsel, Sinatra Sembiring yang merupakan asisten pengawasan menyambangi Kejaksaan Balangan guna melakukan pemeriksaan internal di jajaran Kejaksaan Balangan.

Usai melakukan pemeriksaan, Sinatra Sambiring saat diwawancarai menyampaikan, jika kedatangan dirinya ke Kejaksaan Balangan ini memang benar guna melakukan pemeriksaan atas laporan masyarakat terkait adanya penyimpangan dalam penanganan perkara yang dilakukan oleh oknum jaksa.

“Kita melakukan pemeriksaan internal terkait laporan masyarakat atas penanganan perkara yang dilakukan kejaksaan negeri Balangan,” ujar Sinatra.

Disinggung terkait dalam penanganan perkara apa yang menjadi laporan masyarakat tersebut, Sinatra enggan berkomentar banyak.

Pria berkaca mata ini, hanya menegaskan jika laporan masyarakat itu intinya adanya penyimpangan dan tidak betul dalam penangan perkara yang dilakukan.

“Iya pokoknya ada penyimpangan lah, ada yang tidak betul begitulah oleh aparat kami,” jelasnya.

Selain itu terkait proses pemeriksaan ini, dirinya menyatakan, tinggal menunggu penjatuhan hukuman.

“Ya tinggal penjatuhan hukuman lah,” tegasnya.

Lebih jauh, saat ingin ditanyakan apa bentuk hukuman atau sanksi yang akan diberikan dan kapan diberikannya, Sinatra tidak memberikan komentar lagi sambil bergegas masuk minimnya pergi meninggalkan kantor Kejaksaan Negeri Balangan.

Terpisah Kejari Balangan, Tommy Kristanto menyampaikan, jika kedatangan bagian pengawasan dari Kejati Kalsel yakni Sinatra Sembiring yang merupakan asisten pengawasan tersebut ialah dalam rangka minta klarifikasi terkait adanya laporan masyarakat atas dugaan penyimpangan dalam penanganan perkara oleh oknum pengawai Kejaksaan Balangan.

Makanya menurut Kejari Balangan, dalam meminta klarifikasi ini pihak Kejati yang juga meminta keterangan pihak lainnya.

“Semua itukan harus diklarifikasi dan ditelusuri dengan baik-baik,” tegasnya.
Diungkit ini pemeriksaan yang keberapa atas jajarannya, Tommy mengakui, jika sudah yang kedua kalinya.

“Iya yang dilaporkan masyarakat adalah oknum pegawai kejaksaan Balangan, kita tunggu sajalah hasil klarifikasi atau pemeriksaan ini,” pungkasnya. (Metro7)