Letkol INF. Bambang Herqutanto
Dandim 1008 Tanjung
Tanjung — Kodim 1008 Tanjung telah berupaya menjadikan tanah kosong yang dimilikinya sebagai lahan produktif. Melalui Kelompok Tani Guna Desa Patriot, lahan kosong itu telah ditanami sayur mayur. Bahkan kini ditambah lagi dengan usaha peternakan.
Salah satunya adalah lahan kosong milik Kodim 1008 Tanjung di Kuranji Kelurahan Sulingan Kecamatan Murung Pudak. Lahan seluas 3,2 hektar itu kini dijadikan areal peternakan sapi.
Komandan Kodim 1008 Tanjung, Letkol (Inf) Bambang Herquatanto, saat ditemui di ruang kerjanya mengatakan selama ini pemanfaatan lahan kosong untuk pertanian hasilnya cukup memuaskan. Menurutnya, kebun sayur dan peternakan sapi yang dilakukan Kelompok Tani Guna Desa Patriot telah menjadi percontohan bagi masyarakat sekitar.
Sebanyak 25 ekor sapi dikembangbiakan di peternakan ini. Terdiri dari 20 ekor sapi Bali dan 5 ekor sapi Brahma. Semuanya merupakan bantuan dari program Corporate Social Responsibility (CSR) PT Adaro Indonesia. Termasuk juga biaya pembuatan pagar seluas 100 x 50 meter.
Pengelolaan usaha perkebunan dan peternakan yang dilakukan Kelompok Tani Guna Desa Patriot ini melibatkan tiga orang anggota Kodim 1008 Tanjung dan masyarakat sekitar dengan sistem bagi hasil.
Dandim juga menjelaskan bahwa beternak sapi memiliki prosfek cukup baik. “Kita ketahui bahwa dengan beternak sapi sangat menguntungkan mengingat sekarang ini harga satu ekor sapi bisa mencapai sepuluh juta rupiah,” jelasnya.
Untuk mendukung usaha peternakan ini, lahan seluas 3,2 hektar itu juga akan ditanami rumput gajah sebagai pakan sapi. Sehingga dengan perawatan yang baik maka diharapkan populasi sapi bisa meningkat. Di samping itu kotorannya dapat dijadikan pupuk kompos tanaman sayuran dan palawija yang akan menghasilkan sayur-sayuran organik yang bebas dari bahan kimia dan herbisida.
Selain peternakan sapi, ke depan Kodim1008 Tanjung juga akan memanfaatkan lahan yang dimilikinya sebagai areal peternakan ayam.
Letkol (Inf) Bambang Herqutanto menambahkan program CSR PT Adaro Indonesia sangat bagus dan menyentuh perekonomian perekonomian masyarakat seperti di bidang perkebunan, pertanian maupun perikanan. Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah secara nasional untuk meningkatkan ketahanan pangan. “Kita harapkan pula program CSR PT Adaro Indonesia bisa berkelanjutan,” pungkasnya. (Metro7/Via)