TANJUNG – Tinjau lokasi optimalisasi lahan rawa di wilayah Kabupaten Tabalong tepatnya desa Sei Rukam I Kecamatan Pugaan, Komandan Kodim 1008 Tanjung Letkol Arm Edy Susanto mendampingi Tim Serasi (Selamatkan Rawa Sejahterahkan Petani) dari Mabes Angkatan Darat ke wilayah Koramil 1008-06 Banua Lawas Kecamatan Pugaan.

Rombongan tim Serasi antara lain Kolonel Inf Iwan Setiawan, Kolonel Kav. Setiawan Aris Munandar. Selain itu hadir pula Kabid PSP Kabupaten Tabalong, Kasi pengairan dan pengolahan lahan, Danramil dan perwira Kodim 1008 Tanjung, Babinsa, Camat Pugaan dan kelompok tani Mekar Sari.

Komandan Kodim 1008 Tanjunng Letkol Arm Edy Susanto mengatakan kegiatan serasi merupakan tindak lanjut dari Kementan RI serta mendapat apresiasi dari berbagai pihak dalam mengolah rawa menjadi lahan pertanian produktif contohnya di wilayah Jejangkit Kabupaten Barito Kuala Provinsi Kalimantan Selatan.

“Kami Kodim 1008 Tanjung, Danramil dan Babinsa beserta penyuluh pertanian dan Poktan siap membantu dan bekerjasama mengoptimalkan lahan pertanian di wilayah Kabupaten Tabalong,” kata Dandim Edy Susanto.

Sementara itu, Ketua Tim Serasi dalam penjelasannya mengatakan bahwa program ini merupakan program pemanfaatan lahan rawa yang nantinya dapat terintegrasi antar lahan ternak, kebun dan sawah dimana Kabupaten Tabalong dan menjadi daerah penyangga atau cadangan.

“Kedepannya melalui program ini kita harapkan dapat mewujudkan cita-cita Indonesia sebagai lumbung padi,” imbuh Kolonel Inf Iwan Setiawan. (metro7/via)