TANJUNG – Kodim 1008 Tanjung terus berupaya mensukseskan program ketahanan pangan menuju swasembada pangan yang merupakan kerjasama dengan Dinas Pertanian Tanaman Pangan Peternakan dan Perikanan Kabupaten Tabalong.
Memasuki awal musim penghujan ini di lahan seluas satu hektar milik Kodim 1008 Tanjung yang berlokasi di desa Kuranji desa Puain Kanan kecamatan Tanta dilakukan pencanangan tanam varietas unggul baru padi gugu, dan di lahan tersebut akan dijadikan percontohan (pilot project) tanam di lahan kering.
Pencanangan tanam varietas unggul baru padi itu secara resmi dilakukan oleh Bupati Tabalong H.Anang Syakhfiani, Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Kalsel Dr.M.Yasin, Komandan Kodim 1008 Tanjung Letkol Inf Bambang Herqutanto, Kepala Distanakan Kabupaten Tabalong drh.Fahrial Fuaddy Kamis siang (27/11) tadi.
Turut hadir dalam kegiatan itu Kepala Balai Alat dan Mesin Dinas Pertanian Propinsi Kalimantan Selatan, Kepala Kejaksaan Negeri Tanjung beserta unsur FKPD pengelolaan lahan pertanian itu melibatkan anggota kelompok tani Gema Patriot Kodim 1008 Tanjung dengan dibantu teknis dari Dinas Pertanian.
Kepala BPTP Kalsel M.Yasin dalam sambutannya mengatakan teknologi pertanian sekarang ini terus berkembang seperti yang kita tanam sekarang ini varietas unggul baru padi gugu, untuk penanaman padi terbagi lahan kering dan lahan irigasi, lahan rawa atau disebut spesifik lokasi karena adanya teknologi yang semakin terus berkembang. Kalau untuk lahan irigasi disebut impair, dan lahan rawa.
Disebut infara, perkembangan teknologi pertanian bukan saja terhadap tanaman pangan tetapi bidang peternakan pun berkembang, keberadaan Balai Pengkajian Teknologi (BPTP) fungsinya mengkaji kondisi spesifikasi lokasi, mulai bidang pertanian, tanaman pangan dan perkebunan, holtikultura setiap kita mau melakukan penanaman harus diawali dengan teknologi, pemerintahan sekarang ini telah mentargetkan swasembada pangan berupa padi, jagung dan kedelai .
Sementara itu Bupati Tabalong menyambut baik kegiatan yang dilakukan Kodim 1008 Tanjung bekerjasama dengan pihak Dinas Pertanian Tanaman Pangan Peternakan dan Perikanan dalam mendukung program pemerintah menuju swasembada pangan, ia berharap mudah-mudahan hasil pertanian kita bisa lebih baik dari yang dicapai selama ini, produksi padi Tabalong sekitar 153.000 ton sedangkan konsumsi sekitar 93.000 ton jadi Tabalong surplus sebesar 61.000 sampai 63.000 ton setahun, produksi beras Tabalong 10% dari produksi Kalimantan Selatan.
Pada kegiatan itu dilakukan penyerahan secara simbolis oleh Bupati dan sejumlah pejabat terkait yang hadir berupa bantuan bibit dan sarana pertanian kepada sejumlah kelompok tani dari pemerintah. (Metro7/Via)