Bertempat di panggung utama, bingkisan dan tropi juara diserahkan secara langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten (SEKDA) Balangan Riduan Darlan. Dengan pembagian tropi itu, maka berakhir sudah kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) VII tingkat Kabupaten Balangan yang diselenggarakan dari tanggal 25-27 Februari 2012 di Kecamatan Tebing Tinggi.

Sebagaimana diketahui, sebelumnya kegiatan MTQ tersebut dibuka oleh Bupati Kabupaten Balangan Ir Sefek Effendi dengan melakukan pelepasan balon ke udara. Selama tiga hari kecamatan Tebing tinggi tidak pernah sepi dari masyarakat sekitar maupun masyarakat Balangan yang ingin langsung menyaksikan Musabaqah sekaligus memberikan semangat kepada kafilah dari kecamatan masing-masing yang bertanding.
Berdasarkan Keputusan Koordinator Dewan Hakim MTQ Ke VII Nomor 03/DH/MTQ-VII/BAL/II/2012 yang diketuai H Supian Tsauri SSos, Juara Umum diraih oleh Kecamatan Batumandi dengan nilai 52 dan Juara II diraih oleh Kecamatan Awayan dengan perolehan nilai 49, sementara Juara III diraih Kecamatan Paringin dengan nilai 26.
Untuk Juara Umum Perorangan, diberikan kepada qori dari Kecamatan Tebing Tinggi dengan Nomor peserta 045 atas nama Maksum yang berhasil mengumpulkan nilai terbanyak, 96. Predikat itu cukup menjadi pelipur lara kafilah tuan rumah yang harus puas berada di posisi V.
Adapun hasil-hasil dari pertandingan yang lain, Pawai Ta’aruf dijuarai oleh Kecamatan Lampihong -MTQ Golongan anak-anak, Qari Fajeri dari Kecamatan Batumandi, Qariah: Magfirah Humaira dari Kecamatan Batumandi – MTQ Golongan Remaja, Qari: Ahmad Budianor dari Batumandi, Qariah: Yulianor Rahmah – MTQ Golongan Dewasa, Qari: Maksum dari Kecamatan TebingTinggi, Qariah: Al Munsyirah dari Kecamatan Batumandi – MTQ Golongan Cacat Netra, Qari: Fahruji dari Kecamatan Awayan, Qariah: Murjiah dari Kecamatan Batumandi – Musabaqah Hifzhil Qur’an 1 Juz, Qari Juara III: Maulidi Nurrahman dari Kecamatan Awayan, Qariah Juara I: Siti Fatimah dari Kecamatan Batumandi – Musabaqah Hifzhil Qur’an 5 Juz, Qari Juara I: M Dzikri dari Kecamatan Tebing Tinggi, Qariah Juara II: Ismaya dari Kecamatan Awayan – Musabaqah Hifzhil Qur’an 10 Juz, Qari Juara I: Sabilal Muhtadin dari Kecamatan Paringin – Musabaqah Hifzhil Qur’an 20 Juz, Qari Juara I: Ahmad Kecamatan Awayan – Musabaqah Hifzhil Qur’an 30 Juz, Qari Juara I: Rijali Mahdi Kecamatan Batumandi – Musabaqah Tartil Qur’an : Murattil : M. Rifa’I dari Kecamatan Batumandi Murattil : Qurratu A’yun dari Kecamatan Paringin – Fahmil Qur’an diraih oleh dari Kecamatan Juai dengan perolehan nilai 1265 – Khath Qur’an, Khattat: Syaiful Lizani dari Kecamatan Awayan, Khattatah: Hj Mirfat dari Kecamatan Batumandi. Metro7/usy