PARINGIN – Pasar Mungkur Uyam di Juai Balangan ini mati suri alias tak berfungsi Bangunan bekas Pasar Mungkur Uyam Kecamatan Juai Kabupaten Balangan hingga kini terus menjadi perhatian Pemkab Balangan melalui Disperindagkop. Keberadaan bangunan tersebut kini sudah mulai menemui titik terang, dan bakal difungsikkan.
Keinginan utama oleh Disperindgkop adalah tetap dijadikan pasar, namun perlu perencanaan lebih matang dan terarah.
”Sudah kami bicarakan dengan beberapa instansi terkait termasuk dengan pak bupati, memang yang utama akan kembali difungsikan menjadi pasar, tapi masih dalam proses perencanaan,” jelas Kadisperindagkop Balangan, Rahmadi Yusni, Minggu (18/1/2015).
Agar keberadaan pasar tersebut tidak berlama-lama terdiam begitu saja, alternatif sementara bakal dijadikan tempat kuliner malam untuk Kecamatan Juai.
”Nanti halamannya di batako kemudian dipasangi lampu sorot, rencananya akan difungsikan dulu sebagai tempat kuliner malam,” ungkapnya.
Kapan akan direalisasikan, pihak Disperindagkop akan melakukkan tahapan dengan mengumpulkan para pedagang agar mau berjualan di tempat tersebut.(metro7/Sri)