Tanjung — Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) kembali membuka kesempatan bagi pelajar SLTA sederajat, khususnya jurusan IPA dan IPS, untuk menuntut ilmu di kampusnya yang berada di Jatinangor, Sumedang Jawa Barat. Dalam penerimaan calon praja baru ini IPDN bekerjasama dengan pemerintah daerah di seluruh Indonesia.
Penerimaan calon praja baru IPDN ini disosialisasikan oleh Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Tabalong ke beberapa sekolah. Selasa (19/2) tadi, BKD melakukan sosialisasi kepada 40 orang siswa kelas XII SMAN 1 Tanta dan SMAN 1 Muara Harus.
Tim BKD Tabalong terdiri dari Syamsuddin, Selveati dan Saini. Sementara para narasumber adalah PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tabalong yang merupakan alumnus IPDN. Yakni Lurah Belimbing Rony Saputra, Kasi Pembangunan Kecamatan Kelua Lena Helwati, serta Kasi Pembangunan Kecamatan Haruai Hamdi.
Dalam penjelasannya di hadapan siswa, para narasumber memberikan pencerahan seputar IPDN Jatinangor. Tidak ketinggalan juga masalah pendaftaran dan tahapan test yang akan dilaksanakan di tingkat provinsi. 
Bagi calon praja yang dinyatakan lulus, Pemerintah Kabupaten Tabalong akan memberikan beasiswa sebesar satu juta rupiah perbulan yang akan serahkan satu tahun sekali. “Sedangkan dalam tahapan test semua biaya berupa biaya baik transportasi maupun akomodasi akan ditanggung sepenuhnya oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Tabalong,” jelas narasumber.
Kepala SMAN 1 Tanta H Sayuti SPd menyambut baik sosialisasi yang dilaksanakan oleh BKD Tabalong ini. Menurutnya kegiatan ini merupakan yang kedua kalinya selama ia memimpin sekolah ini. Ia berharap kegiatan sosialisasi ini bisa membuka wawasan para siswa. “Semoga tahun ini ada lulusan SMAN 1 Tanta yang bisa berhasil lulus mengikuti test ke IPDN,” pungkasnya. (Metro7/Via)