“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa”, (QS. Al-Baqarah : 183).
Ayat di atas begitu populer bagi umat Islam, terlebih lagi ketika menjelang bulan puasa. Melalui ayat tersebut, Allah SWT mengajak hamba-Nya yang beriman untuk melaksanakan salah satu kewajiban agung guna mencapai derajat takwa yang sesungguhnya.
Takwa sendiri secara umum diartikan melaksanakan segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya. Pelaksanaan takwa itu sendiri dapat mencakup tiga hal, yakni kepada Allah, sesama manusia dan lingkungan.
Lewat momen Ramadan 1434 H ini, dengan dilandasi semangat ketakwaan dan kepedulian sosial yang tinggi, PT Pamapersada Nusantara melalui Baitul Maal Amanah Pama (BMAP) melaksanakan serangkaian kegiatan untuk menyambut bulan yang penuh berkah itu. Beberapa agenda itu yakni sunatan massal gratis di Kecamatan Tanta dan Paringin, serta buka puasa bersama di sejumlah lokasi.
Sunatan massal ini yang merupakan kegiatan pra Ramadan dilaksanakan pada Minggu, (30/6) di Kecamatan Tanta dan pada Selasa (2/7) di Kecamatan Paringin.
Pada kesempatan itu, PT Pamapersada Nusantara dibantu dengan tenaga medis setempat berhasil melaksanakan kegiatan sunatan massal terhadap 107 anak. Selain melaksanakan sunatan massal, pada kesempatan itu PT Pamapersada Nusantara juga memberikan sarung, baju muslim dan peci.
Agenda selanjutnya adalah kegiatan buka puasa bersama dengan masyarakat sekitar. Kegiatan buka puasa bersama tersebut tidak hanya dilaksanakan di masjid, namun juga di beberapa pesantren dan panti asuhan. Semangat yang ingin diusung pada kegiatan tersebut adalah semangat silaturahmi dan semangat saling berbagi. Harapannya, melalui buka puasa bersama ini, dapat semakin meningkatkan tali silaturahmi antara masyarakat dengan perusahaan. ***