BARABAI- Kabupaten Hulu Sungai Tengah merupakan daerah lumbung padi, produktivitas pertanian di HST yang semakin meningkat setiap tahunnya adalah  suatu kebanggaan bagi pemerintah daerah, karena salah satu komitmen dari pemerintah adalah mensejahterakan petani di HST
Menurut Bupati HST Dr H Harun Nurasid usai melakukan panen perdana di Desa Abung Surapati Kecamatan Limpasu, Rabu (25/3), pemerintah daerah selalu berkomitmen untuk mensejahterakan masyarakat HST yang salah satunya melalui bidang pertanian.
“HST memang memiliki lahan yang tidak begitu luas, dan banyaknya pengalihan fungsi lahan pertanian sehingga perlu bagi kita untuk meningkatkan produktivitas pertanian melalui optimalisasi lahan.” Kata Harun.
Selain itu, Harun juga menuturkan untuk mendukung peningkatan produktivitas pertanian perlu disuport dengan beberapa hal yang diantaranya kualitas tanahnya harus baik, adanya saluran irigasi yang memadai, serta sinergi dari semua pihak yang terkait.
“Adanya sinergi dari semua pihak tentunya akan lebih memotivasi para petani agar lebih terpacu dalam bercocok tanam,” ungkapnya.
Sementara itu Kepala Bapelluh HST Zainuddin, mengungkapkan bahwa saat ini di desa Abung Surapati terdapat lima kelompok tani dengan jumlah anggota mencapai 140 orang .
“Untuk lahan yang digarap di desa Abung Surapati mencapai luas 476 hektar, untuk menssupport para petani dalam peningkatan produksi dan teknologi , 9 orang penyuluh siap membantu untuk tercapainya produktivitas yang diharapkan terus meningkat,”
Dalam kesempatan tersebut Bupati HST H Harun Nurasid didampingi Sekretaris Daerah HST H A Agung Parnowo, Kasdim 1002/Barabai Banani, dan Ketua TP PKK HST Hj Tintainah Harun Nurasid menyerahkan bantuan berupa traktor roda dua untuk lima kelompok tani dan pompa air untuk dua kelompok tani desa Abung Surapati kecamatan Limpasu. AdvHumHST