Barabai — Untuk meningkatkan penetrasi penggunaan layanan akses internet bagi masyarakat luas dan peningkatan kualitas sarana dan prasarana pelayanan terhadap masyarakat, Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI) bekerjasama dengan Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) HST memasang fasilitas jaringan internet tanpa kabel atau wifi untuk dua lokasi berbeda, Sabtu (1/6) tadi.
Kepala Dishubkominfo, Akhmad Riduan, mengungkapkan bahwa pemasangan fasilitas untuk mengakses internet di Kabupaten HST ini adalah realisasi program USO yang dicanangkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika yang menargetkan pembangunan Wifi di 745 kabupaten di Indonesia. 
“Pemasangan wifi kabupaten ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Kabupaten HST yang sangat tinggi kebutuhan akses informasinya, terutama akses internet gratis, ada dua lokasi yang dipasang fasilitas wifi ini, SMAN 1 Barabai, dan Kantor Dishubkominfo HST,” ujarnya.
Lebih lanjut Riduan mengungkapkan bahwa, Pemkab HST melalui Dishubkominfo  HST merupakan pihak yang bertugas untuk memonitoring dan mengelola fasilitas telkomunikasi USO yang sudah dibangun. “Tidak hanya infrastruktur saja Selain itu kami juga bertugas untuk mendorong masyarakat untuk pemanfaatan fasilitas ini, juga untuk pengembangan aplikasi kontennya,” ujarnya lagi.
Sementara itu  perwakilan dari PT Aplikanusa Lintasarta yang merupakan fasilitator pemasangan wifi kabupaten, Andi Siswantoro mengungkapkan bahwa pemasangan peralatan fasilitas wifi sudah selesai pada bulan Mei lalu. “Saat ini tinggal menunggu alamat IP untuk regional kabupaten HST dan beberapa alat tambahan lainnya, nantinya fasilitas ini akan beroperasi selama 24 jam dengan kecepatan akses 1024 kbps diharapkan tahun ini fasilitas wifi sudah di nikmati oleh masyarakat,”ungkapnya. AdvHumHST