Barabai — Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Rabu (29/5) tadi, mengadakan sosialisasi dan publikasi program USO (Universal Service Obligation) di Aula RSU H.Damanhuri Barabai. Kegiatan terlaksana berkat kerjasama dengan  Balai Penyedia dan Pengelola Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI).
Kepala Dishubkominfo HST, Akhmad Riduan, dalam sambutannya mengungkapkan, sejak diterimanya pengelolaan dan pengoperasian tujuh unit Mobil Pelayanan Internet Kecamatan, pihaknya telah dilaksanakan kegiatan pengelolaan dan pengoperasian  M-PLIK sampai pada tahapan Semester I ( Pertama ) tahun 2012.  “Hal ini sesuai dengan visi Dishubkominfo yaitu terwujudnya pelayanan bidang perhubungan darat, komunikasi dan informatika yang handal dan berdaya saing sebagai penunjang pembangunan berkelanjutan di Bumi Murakata menuju masyarakat Hulu Sungai Tengah yang semakin sejahtera,” ujarnya.
Sementara itu perwakilan dari BP3TI, Hari Utama Ribowo, menyebutkan bahwa USO atau lebih dikenal sebagai Kewajiban Pelayanan Universal adalah bentuk kewajiban pemerintah untuk menjamin ketersediaan pelayanan publik bagi setiap warga, khususnya pelayanan telekomunikasi dan informatika.
“Untuk itulah program seperti Pusat Layanan Internet Kecamatan, atau pun Desa Dering disediakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan informasi, terutama dalam rangka pemerataan pembangunan di bidang telekomunikasi, khususnya di wilayah-wilayah tertinggal, perintisan, pedesaan dan daerah terpencil,” ungkapnya.
Bupati HST, yang dalam acara tersebut diwakili oleh Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan, M Yusuf, mengharapkan dengan adanya program USO ini dapat memenuhi kebutuhan masyarakat HST terutama yang berada di wilayah terpencil akan informasi terbaru.
“Dengan akses internet masyarakat sekarang sekarang dapat memantau kegiatan pemerintah daerah atau hal yang terjadi di kabupaten HST melalui website pemerintah kabupaten HST, selain itu kebutuhan mengenai kemudahan akses informasi ini sudah menjadi hak setiap orang,” ujarnya.
Dalam acara sosialisasi tersebut selain  dari BP3TI juga menghadirkan narasumber dari pihak Telkomsel selaku fasilitator program Desa Dering dan  PT Aplikanusa Lintasarta untuk pemaparan program PLIK, MPLIK, dan Wifi. AdvHumHST