BARABAI, metro7.co.id – Demi mendukung perempuan mandiri secara ekonomi, Pemkab HST menggelar pemberdayaan Kelompok Wanita Tani (KWT), di Rumah Ketua Gapoktan Desa Benawa Tengah, Kecamatan Barabai, Senin (6/5).

Pemberdayaan Perempuan melalui KWT merupakan suatu momen dalam menambah pengetahuan, meningkatkan keterampilan, menumbuhkan sikap positif dan kreatifitas, serta memperjuangkan kesetaraan dan keadilan bagi seluruh anggota masyarakat, terutama bagi kaum perempuan.

Kegiatan yang digelar oleh Dinas Pertanian HST itu dibuka secara langsung oleh Bupati HST, H Aulia Oktafiandi.

Kepala Dinas Pertanian HST, Budi Satrya Tanjung menjelaskan, acara yang diikuti perwakilan anggota KWT di Kecamatan Barabai dengan jumlah 100 orang ini dilatarbelakangi oleh kesejahteraan masyarakat yang belum sesuai harapan, serta kemiskinan yang dilatarbelakangi ketidakmampuan dalam mengembangkan pertumbuhan ekonomi.

“Untuk mencapai kesejahteraan, maka program pembangunan mengarah pada upaya mengubah pola hidup dari ketidakberdayaan dalam memenuhi kebutuhan hidup menjadi berdaya, mandiri dan tidak bergantung pada orang lain,” katanya.

Sementara, Ketua Tim Penggerak PKK HST, Cheri Bayuni Budjang menegaskan komitmen dalam mendukung para perempuan di desa untuk dapat mandiri secara ekonomi, serta meningkatkan kualitas hidup mereka.

Ia juga menyerahkan paket peralatan hidroponik kepada KWT yang merupakan lambang upaya mengembangkan potensi di bidang pertanian modern, agar dapat memperoleh hasil yang lebih optimal dengan penggunaan lahan dan sumber daya yang lebih efisien.

“Peralatan ini merupakan langkah awal kami dalam berkomitmen untuk terus mendampingi dan memberikan pelatihan serta bimbingan kepada KWT, agar mereka dapat mengoptimalkan penggunaan peralatan hidroponik dengan baik,” jelasnya.

Ia yakin, dengan semangat kerja keras dan kolaborasi yang solid, KWT mampu mencapai kesuksesan dalam mengembangkan usaha pertanian mereka.

“Juga dapat memberikan dampak positif bagi kemajuan perempuan dan masyarakat secara keseluruhan,” tutupnya.

Turut berhadir, Ketua Tim Penggerak PKK HST, Camat Barabai beserta Ketua TP PKK Kecamatan Barabai dan Forkopimcam Barabai.