KOTABARU, metro7.co.id – Rapat koordinasi (rakor) penyelenggaraan ibadah haji 2023 dilaksanakan Kantor Kementrian Agama Kotabaru bersama pemerintah daerah, Kamis (8/2/23).

Ini digelar untuk memberikan dan meningkatkan pelayanan kepada para Calon Jamaah Haji (CJH), tahun 2023.

Rakor berlangsung di aula Kantor Kemenag Kotabaru, Kamis, (9/2/2023), yang dihadiri Kepala Kemenag Kotabaru DR. H Akhmad Kamal, serta Asisten 1 Pemkab Kotabaru, Minggu Basuki.

Menurut Minggu, rakor yang diselenggarakan oleh Kemenag Kotabaru adalah kegiatan rutin setiap tahun dalam penyelenggaraan haji untuk memberikan kemudahan bagi Calon Jamah Haji ( CJH) yang nanti diberangkatkan.

“Tujuan dari rakor ini adalah, agar seluruh panitia benar benar memperhatikan hal sedetail mungkin kepada para calon jamaah sehingga tidak ada lagi kejadian seperti pemeriksaan kesehatan, manasik hingga keberangkatan,” ujar Minggu.

Secara pribadi ia dan pemerintah daerah mendukung kegiatan seperti ini, karena kerjasama sudah berlangsung lama dari tahun 2010 sampai sekarang.

Sementara itu, DR H Akhmad Kamal menyebut jumlah estimasi Jamaah Kabupaten Kotabaru yang nantinya di berangkatkan sebanyak 217 orang.

Sebanyak 142 jamaah yang lunas tahun 2020, berarti kata dia sebanyak 142 tidak mengambil lunasnya atau biaya pelunasan sejak tahun 2020.

“ Kemudian estiminasi penambahan 70 orang jamaah haji sejak 1 Februari tahun 2011, dan 5 orang lansia prioritas lansi,” tambahnya.

Dari 217 CJH nanti sambung Kamal, tergabung dengan para CJH se Kalsel dari 11 kloter ditambah 5 kloter dari Kalteng dalam 1 embarkasi, dengan jumlah 3831 orang terbagi 16 sampai 17 kloter,” ujarnya. ***