KOTABARU, metro7.co.id – dr Zairullah Azhar – Zulkipli AR (2Z), bakal pasangan calon ( Bapaslon) bupati-wakil bupati, dipastikan tetap ikut meramaikan kompetisi di pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Kabupaten Kotabaru, Kalsel.

Kepastian ini disampaikan tim pemenangan 2 Z, Syairi Mukhlis. Bahkan Syairi menyatakan koalisi saat ini yang terbangun sangat solid.

“Sangat Solid, sampai hari ini tetap tidak ada perubahan,” kata Syairi saat dihubungi metro7. Jumat (28/8/20).

Jawaban ini sendiri menepis rumor yang berhembus kabar bahwa 2Z tidak jadi maju menjadi bapaslon.

Syairi menyatakan duet 2Z, sejauh ini mendapat sokongan dari partai pengusung yakni; PDI P (7 kursi ), PKB (4 kursi) dan Gerindra (2 kursi).

Ketua KPU Kotabaru Zainal Abidin mengatakan, bagi calon yang diusung partai politik atau gabungan partai politik harus memperoleh paling sedikit ; 7 kursi dari 35 kursi, hasil pemilihan umum anggota DPRD Kotabaru, tahun 2019.

“Memperoleh paling sedikit 40.979 suara sah, dari 163.916 akumulasi suara sah hasil pemulihan umum anggota DPRD Kotabaru tahun 2019,” terangnya.

“Untuk tanggal dan waktu pendaftran bapaslon 4-6 september 2020, dengan ketentuan ; hari pertama dan kedua dilaksanakan mulai pukul 08.00 wita sampai dengan pukul 16.00 wita. Dan hari ketiga dilaksanakan dari pukul 08.00 wita sampai dengan pukul 24.00 wita,” urai Zainal.

Zainal menambahkan tempat pendaftaran berlangsung di kantor KOU Kotabaru di jalan Brigjen Hasan Basri, No 4.” Tahapan pendaftaran bapaslon tetap menerapkan protokol kesehatan, pencegahan dan penanganan Covid 19,” ujar Zainal.