AMUNTAI – Bidang pendidikan dan kesehatan merupakan dua bidang pembangunan yang menjadi fokus pemerintah saat ini, tidak terkecuali Pemerintah Kabupaten Hulu Hungai Utara. dimana kedua bidang tersebut termasuk dua pilar utama dari 4 (empat) pilar bidang pembangunan dalam program rawa makmur 2020.
Sekda HSU Ir. H. Eddyan Noor idur, M.si MMT saat Membacakan Sambutan Bupati HSU dalam rangka acara penilaian lomba sekolah sehat/UKS tingkat Propinsi Kalimantan Selatan tahun 2014 bertempat di SDN Baruh Tabing Kecamatan Banjang, Selasa (26/8) tadi, mengatakan Pemerintah Daerah dan Masyarakat HSU  sadar, bahwa untuk membangun daerah dan masyarakat HSU yang maju dan sejahtera sebagaimana yang dicita-citakan bersama, harus didukung oleh sumber daya manusia yang sehat, cerdas, berkualitas dan berdaya saing tinggi serta memiliki akhlak/moral yang mulia sebagai modal utama.
Idur juga menyampaikan sekolah yang terpilih mewakili Kab.HSU.  Ketingkat Propinsi Kalimantan Selatan pada tahun 2014 ini ada tiga diantaranya, Untuk Sekolah Taman Kanak-Kanak diwakili TK. Pembina Sungai Malang Kecamatan Amuntai Tengah, untuk Sekolah Dasar Diwakili oleh SDN  Baruh Tebing Kecamatan Banjang dan untuk tingkat SLTA diwakili MAN 2 Amuntai Kecamatan Amuntai Tengah.
Semua itu tentu berkat usaha dan kerja keras dari kita semua terutama dari keluarga besar ketiga sekolah tersebut, dari mulai dewan guru hingga murid-muridnya. Dan juga merupakan kerja keras dari para pembina dan penyuluh sekolah sehat/UKS baik di tingkat desa, kecamatan hingga tingkat kabupaten.
Sebelumnya Idur juga mengucapkan selamat datang kepada tim penilai lomba sekolah sehat tingkat Propinsi Kalimantan Selatan di Bumi Khuripan, Kabupaten Hulu Sungai Utara. “Semoga rombongan tetap selalu dalam keadaan sehat wal afiat dalam menjalankan tugasnya,” katanya.(Metro7/Awir)