PARINGIN – Kantor Perpustakaan, Dokumen dan Arsip Daerah Kabupaten Balangan menyelenggarakan Bimbingan Teknis  bagi para Pengelola Perpustakaan Sekolah. Dengan Tema “Melalui Bimtek Pengelola Perpustakaan Sekolah Kita Tingkatkan SDM Para Pengelola Perpustakaan”. Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 20 s/d 22 oktober 2015 dimulai pukul 08.00 dan berakhir pada 15.30  dengan mengambil tempat di Sanggar Kagiatan Belajar (SKB) Balangan.
Dalam acara ini diikuti oleh 65  petugas Perpustakaan Sekolah baik dari tingkat SD/MI sampai tingkat SMA/SMK. Kegiatan Bintek Perpustakaan diselenggarakan oleh Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Balangan. Kegiatan tersebut dalam rangka ikut meningkatkan peran perpustakaan dalam menunjang proses belajar mengajar, meningkatkan minat baca siswa serta optimalisasi layanan perpustakaan.
Materi yang diajarkan merupakan pengetahuan praktis sehingga menjadi bekal para petugas perpustakaan sekolah untuk mengelola perpustakaan sekolahnya masing masing. 
Ketua Pelaksana Siti Muarifah mengatakan, dalam acara bintek ini diharapkan dapat melahirkan pengelolaan perpustakaan yang profesional dan berkualitas sehingga dapat memberikan layanan yang optimal untuk pemustaka serta memberikan kontribusi nyata terhadap dunia pendidikan Indonesia, khususnya di Kabupaten Balangan.
Disela-sela kegiatan, Ansyari Hidayat salah seorang peserta mengatakan, “semoga dengan adanya kegiatan seperti ini dapat meningkatkan SDM pihaknya para pengelola perpustakaan sekolah, karena masalah yang dihadapi sekolah adalah terkendala masalah dana, sarana prasarana pendukung perpustakaan, terkhusus SDM para pengelola. (metro7/fhr)