TANJUNG – Sebagai tujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat, akan pentingnya mengkonsumsi pangan yang beragam, dan bergizi, seimbang dan aman (B2SA guna dapat meningkatkan kualitas hidup dan mendorong meningkatkan kreativitas masyarakat pada umumnya serta anggota keluarga pada khususnya dalam memilih, menentukan, menyusun dan menciptakan menu (B2SA) berbasis sumber lokal meningkatkan dan membudayakan gerakan gemar makan ikan sebagai sumber protein hewani dalam rangka meningkatkan gizi masyarakat.
Maka untuk itu Dinas Pertanian Tanaman Pangan Peternakan dan Perikanan (Distanakan) Kabupaten Tabalong bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten Tabalong menyelenggarakan lomba menu B2SA dan lomba masak serba ikan Rabu (1806) tadi di aula Pendopo Bersinar Tanjung.
Kegiatan itu dibuka secara resmi oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tabalong Ny.Hj.Syarifah Syifa. Sebanyak 12 peserta yang dibagi 3 kelompok dari tim penggerak PKK kecamatan kelompok (kategori menu makan pagi, siang dan malam) sebagai peserta lomba menu B2SA, kemudian lomba masak serba ikan diikuti oleh unit Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Tabalong berjumlah 26 peserta yang dibagi menjadi 3 kelompok (kategori menu makan siang keluarga, menu makan balita dan kudapan ikan).
 Menurut laporan Ketua Panitia Penyelenggara Mery Ria Menawari Sinaga, lomba menu B2SA dan lomba masak serba ikan melibatkan para juri yang berasal dari Chef Hotel Aston Tanjung, Guru Tata Boga dari SMKN Tanjung, Ahli Gizi Dinas Kesehatan, Tim Penggerak PKK Kabupaten Tabalong dfan Distanakan serta KPPKP sendiri.
 Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tabalong Ny.Hj.Syarifah Syifa dalam sambutannya menjelaskan kegiatan lomba seperti ini dilaksanakan setiap tahun sebagai tujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemanfaatan serta kesadaran masyarakat dan keluarga dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas pangan keluarga dan meningkatkan semangat untuk mengawali gerak langkah masyarakat khususnya ibu-ibu dalam memanfaatkan sumber daya lokal dan mengembangkan berbagai olahan pangan untuk memenuhi kebutuhan gizi keluarga sehari-hari.
“Kita ketahui bahwa pangan dan gizi keluarga merupakan kebutuhan yang sangat penting dan strategis dalam upaya mengembangkan sumber daya manusia yang berkualitas, maka untuk mewujudkan kita semua perlu mendorong perilaku serta kebiasaan masyarakat untuk memiliki pengetahuan yang lebih luas tentu menu B2SA,” katanya.
Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tabalong Ny.Nur Aina dan Pengurus Persatuan Dharma Wanita Ny.Hj.Harsinah dan para pengurus Tim Penggerak PKK/Dharma Wanita Kabupaten Tabalong. (Metro7/Via)