PARINGIN – Guna memberikan pemahaman mengenai pengelolaan komunitas seni budaya yang baik dan benar, Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Balangan belum lama tadi mengumpulkan para pengelola komunitas tersebut.
Kepala Disporaparbud Balangan Hifni Effendi melalui Kepala Bidang Pariwisata Hamdani mengungkapkan, pengarahan yang diberikan, bertujuan agar semua sanggar seni budaya yang ada di Balangan, memiliki sistem manajemen yang jelas dan terarah.
“Kita berharap semua komunitas memiliki dasar hukum yang jelas. Banyak manfaat yang didapat apabila manajemen administrasinya lengkap dan jelas, salah satunya, apabila ada suntikan dana untuk menunjang perkembangan sanggar, akan mudah untuk disalurkan,” ujarnya.
Sementara itu, Nisa, salah seorang pengurus salah satu sanggar di Balangan mengungkapkan, pelatihan untuk sanggar seni budaya seperti yang digagas oleh Disporaparbud tersebut, diakuinya sangat bermanfaat bagi perkembangan sanggar-sanggar di Bumi Sanggam.
“Program Disporaparbud Balangan mengadakan pelatihan ini, kami anggap sebagai bentuk perhatian pemerintah daerah terhadap keberadaan seniman-seniman di Balangan. Kami harap setelah ini ada program-program lain yang diadakan pemda dalam memfasilitasi kemajuan sanggar-sanggar di Balangan,” harapnya. (metro7/sri)