Barabai – Gerakan Peduli Sampah Nasional (GPSN) 2015 yang dilaksanakan serentak secara nasional, juga dilakukan Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah  bersama
Kodim 1002/Barabai bersama-sama menggerakan kebersihan lingkungan dengan masyarakat yang dibuka secara resmi oleh Dandim 1002/Barabai Letkol Inf Krido Pramono di Taman Dwi Warna Barabai. Jumat (27/2) Kegiatan ini diikuti oleh ribuan masyarakat HST yang terdiri dari Badan Pengelola Lingkungan Hidup HST, murid-murid dari Sekolah Dasar, Menengah dan Atas, Polres HST, Batalyon 621/ Manuntung, Ormas dan Balakar.
Letkol Inf Krido Pramono mengatakan dalam rangka pelaksanaan kerja bakti disamping program nasional ini juga sebagai bentuk kepedulian TNI dan jajaran dinas terkait seperti Badan Pengelola Lingkungan Hidup HST tentang kebersihan lingkungan untuk menciptakan lingkungan yang bersih yang memicu berkembangnya jentik nyamuk, lalat, kecoa, dan serangga lainnya yang mengganggu kesehatan.
“Kegiatan ini juga mendukung gerakan bebas sampah Barabai 2018 yang di canangkan oleh pemda kabupaten HST, kita harapkan kegiatan ini dapat mengatisipasi timbulnya penyakit dan musibah banjir, sebab bila selokan atau parit tumpat akibat tumpukan sampah yang mengendap di parit dapat menyebabkan timbulnya penyakit.Bahkan, bisa menyebabkan bencana banjir bila tingkat curah hujan yang tinggi,” ujarnya.
Kepala BPLH HST H Akhmad Tamzil menuturkan bahwa kegiatan GPSN 2015 yang di gerakkan oleh Kodim 1002/Barabai ini turut mendukung Gerakan Jumat Bersih yang kembali digalakkan oleh Pemda Kabupaten HST dibawah kepemimpinan Bupati HST H Harun Nurasid.
“Tentunya kebersihan lingkungan kita tidak hanya bisa bergantung pada pasukan kebersihan, perlu ada sinergi dan peran aktif masyarakat dan pihak TNI dan Polri untuk terus menjaga kota kita agar tetap indah dan bersih,” tuturnya
Turut berhadir dalam kegiatan tersebut Kapolres HST AKBP Syahril Saharda dan unsur FKPD HST, Asisten Bidang Pemerintahan H Wildon, dan para kepala SKPD HST. (AdvHumHST)