MARTAPURA, metro7.co.id – Rombongan Turdes Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor, mengunjungi Pondok Pesantren (Ponpes) Darussalam Martapura dalam rangkaian kegiatan turun desa di moment Kemerdekaan ke-9 ” Bergerak Lintas Beribu Sungai Banua,” Selasa (8/8).

Dalam sambutannya, Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor merasa bangga kepada jajaran Ponpes Darussalam Martapura yang telah banyak melahirkan ahlik Al-Qur’an yang hebat dan tersebar di seluruh dunia.

Ia berterima kasih atas doa keselamatan yang dipanjatkan untuk rombongannya selama melaksanakan Turdes ini.

“Semoga kita bisa mentauladani akhlak Rasulullah SAW dalam kehidupan sehari-hari, dimana beliau merupakan pemimpin yang sempurna sepanjang sejarah manusia,” kata Sahbirin.

Selanjutnya, Sahbirin juga mengajak warga Ponpes Darussalam dan masyakarat Kalsel khususnya untuk menjaga dan memelihara sungai yang ada disekitar lingkungannya dan anggaplah sungai sebagai Ibu Pertiwi yang harus dijaga dan pelihara, jangan sampai sungai menjadi tempat pembuangan sampah, tuturnya.

“Tahun ini Pemerintah Provinsi Kalsel telah melakukan berbagai upaya pencegahan banjir salah satunya dengan pengerukan sejumlah sunga, dengan dikeruknya sejumlah sungai di Kalsel dapat mencegah terjadinya musibah banjir di musim hujan nanti,” jelasnya.

Sementara, Pimpinan Ponpes Darussalam Martapura, KH Hasanuddin Badruddin mengungkapkan rasa terima kasih dan mengapresiasi Gubernur Kalsel dan rombongannya yang telah melaksanakan Turdes selama enam hari.

“Ini banyak membawa perubahan selama kepemimpinannya, Sahbirin tidak pandanga bulu dalam memberikan bantuan baik itu masyarakat kecil, ulama, maupun guru,” ungkapnya.

Ia mengapresiasi gelaran tausiyah dan shalawat rutin beberapa guru maupun ulama di Banua, tentu sebagai seorang ulama ia sangat senang gelaran tausiyah dan shalawat rutin tersebut yang diinisiasi oleh gubernur kalsel bersama jajarannya selama ini. “emoga dapat membawa keberkahan bagi Banua kita,” pungkasnya.

Pada kesempatan Turdes itu pula, Sahbirin turut membagi sejumlah bantuan kepada warga Ponpes Darussalam Martapura.

Diantaranya bantuan sembako, bendera merah putih, bantuan pangan tambahan ibu hamil dan balita, tabel tambah darah untuk remaja putri, bantuan bibit tanaman holtikultura, serta penyerahan simbolis e-KTP.