Tanjung — Dari hasil survei Charta Politika dapat diketahui bahwa sebagian besar warga Tabalong masih menginginkan putra asli daerah menjadi bupati dan wakil bupati untuk lima tahun ke depan. Sebanyak 86 persen menghendaki urang banua asli memimpin Bumi Saraba Kawa ini.
Lembaga survei yang dipimpin oleh Bima Arya dari Universitas Paramadina ini juga menyimpulkan, hanya 6 persen warga Tabalong yang menentukan pilihan karena uang. Selebihnya, warga sudah memiliki pilihan sendiri dan tidak akan terpengaruh oleh money politics.
Simbol urang banua asli itu ada pada diri Drs H Anang Syakhfiani MSi dan pasangannya H Zony Alfianoor SE Akt MM. Dimana Anang adalah putra seorang tokoh pendidikan di Kecamatan Murung Pudak dan Zony adalah putra seorang tokoh yang dikenal dermawan di Kecamatan Kelua.
Kedua figur yang berlatar belakang birokrat dan pengusaha sukses ini dinilai mampu mewujudkan kemajuan pembangunan di Bumi Saraba Kawa.
Kecintaan warga Tabalong terhadap pasangan Anang Syakhfiani – Zony Alfianoor (ANNOR) saat kedua melakukan Safari Ramadan ke sejumlah wilayah di daerah ini. Bahkan acara silaturahmi dan buka puasa bersama di Kecamatan Banua Lawas harus dilakukan selama dua hari berturut-turut karena besarnya animo warga setempat yang ingin bertemu dengan pasangan ANNOR.
Hari Kamis (18/7) acara silaturahmi dan buka puasa bersama dilaksanakan di Mesjid Pusaka Pasar Arba. Malam harinya pasangan ANNOR melaksanakan sholat tarawih di Desa Bahungin. Sementara pada hari Jumat (19/7) acara serupa dilaksanakan di Mesjid Darul Ikhsan Desa Habau Hulu.
 Kehadiran pasangan ANNOR disambut antusias warga Desa Habau Hulu. Lebih dari 600 warga datang ke mesjid untuk menghadiri acara buka puasa bersama ini.
Seperti kegiatan silaturahmi sebelumnya, Anang dan Zony minta izin dan doa restu dari warga untuk maju sebagai Calon Bupati dan Wakil Bupati Tabalong 2014-2019. (Metro7/Rz)
 Jadikan Banua Lawas Sebagai Daerah Unggulan
Tanjung — Jika dipercaya memimpin Tabalong, hal pertama yang menjadi perhatian pasangan ANNOR adalah peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) urang banua. Hal itu diungkapkan oleh H Anang Syakhfiani di hadapan lebih dari 600 orang warga Desa Habau Hulu Kecamatan Banua Lawas.
Dijelaskan Anang, jika nanti dirinya terpilih sebagai bupati, ia akan menginventarisir para ustadz dan guru agama di daerah ini untuk diasuransikan. Sehingga para pendakwah dan tenaga pengajar itu lebih bersemangat lagi dalam membimbing umat.
“Kita juga akan kirim putra putri terbaik kita untuk belajar ke negara-negara dengan pendidikan agama Islam terbaik  seperti Yaman, Arab Saudi  dan ke pasantren-pesantren terbaik di tanah air,” kata Anang.
Selain itu, Anang juga akan memastikan adanya beasiswa bagi anak-anak kurang mampu serta mengadakan bus sekolah gratis sehingga bisa meningkatkan mutu pendidikan dan kualitas SDM urang banua.
Untuk sektor pertanian, Anang berencana dan bertekad menjadikan Kecamatan Banua Lawas sebagai lumbung padi dan ikan di Tabalong. Ia juga berjanji akan memperbaiki sarana infrastruktur jalan dan jembatan, sehingga wilayah Banua Lawas benar-benar menjadi daerah unggulan di Bumi Saraba Kawa.
“Semoga kebersamaan kita bisa terwujud dan harapan kita semua bisa terkabul. Maju mundurnya Tabalong tergantung kita, mari kita bersatu membangun Tabalong agar lebih baik lagi,” pungkas Anang. (Metro7/Rz)
   
Komentar Tokoh Masyarakat :

Paradi :Tokoh Masyarakat Banua Lawas
Tidak Tinggi Hati dan Merakyat
Salah seorang tokoh masyarakat wilayah selatan Tabalong, Paradi (51), menilai pasangan Anang Syakhfiani – Zony Alfianoor mampu meningkatkan taraf hidup warga Tabalong.
“Saya beserta keluarga besar saya seratus persen mendukung Pak Anang, beliau bersama Pak Zony merupakan putra daerah Tabalong,” kata Paradi.
Selain itu, ia menilai sosok Anang sebagai pribadi yang baik, tidak tinggi hati dan merakyat. “Pak Anang sosok yang santun  berkawan tidak pandang bulu, baik dengan pejabat dan tetap mengayomi kalangan bawah,” ungkapnya.
Ia berharap Anang dan Zony menjadi pemimpin bijaksana dan mampu meningkatkan taraf hidup warga Tabalong.***
Sahrudin : Tokoh Masyarakat Desa Bungin
Mampu Memajukan Tabalong 
Pasangan Anang Syakhfiani – Zony Alfianoor adalah dua sosok urang banua asli yang mampu membangun Kabupaten Tabalong agar lebih maju lagi. Penilaian itu disampaikan oleh Sahrudin (69), tokoh masyarakat Desa Bungin.
Ia menilai pasangan ini merupakan figur yang tepat untuk memimpin Bumi Saraba Kawa. “Pak Anang Syakhfiani bagus, (Ketokohan dan pengalaman) beliau seratus persen tidak meragukan kami sebagai pendukung,” katanya.
Sahrudin berharap Anang dan Zony memberikan perhatian lebih pada sektor pertanian jika terpilih menjadi Bupati dan Wakil Bupati Tabalong. Begitu juga dengan pembangunan di bidang keagamaan, seperti pemberdayaan kelompok maulid habsyi.*** 
Aliansyah (Panglima) : Tokoh Masyarakat Kelua
 “Baik Nang Pasti Warga Kula Kita”
Suara tegas untuk mengajak warga mendukung pasangan Anang Syakhfiani – Zony Alfianoor diucapkan oleh Aliansyah (56). Tokoh masyarakat Kelua yang akrab disapa Panglima ini tanpa ragu memberikan dukungan kepada kedua putra asli Tabalong tersebut.
“Kabila lagi kita mau memajukan daerah. Pak Sony orang Kelua dan Pa Anang orang Tanjung, ayo kita dukung dan kita jadikan pemimpin,” kata Panglima.
Keputusannya mendukung urang banua asli menjadi pemimpin daerah bukan tanpa pemikiran logis. Ia menilai Anang dan Zony memiliki ikatan emosional terhadap daerah karena keluarga besar dan leluhurnya berada di Bumi Saraba Kawa.
“Baik nang pasti warga kula kita (Baik yang pasti warga kerabat kita) yang tentu saja mau mendengarkan suara kita,” kata Panglima lagi.***