KANDANGAN — Ikatan Kerakatan Keluarga Hulu Sungai Selatan (IKK HSS), menggelar acara Halal bil Halal, di Auditorium Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Banjarmasin, Sabtu (8/9/2012) lalu sekira pukul 10.00 WITA.
Kegiatan itu dihadiri oleh Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) H Rudy Arifin. Sedangkan dari Pemerintah Kabupaten HSS dihadiri oleh Drs Achmad Fikry, yang mewakili Bupati HSS Dr H Muhammad Safi’i.
Dalam acara itu, terlihat hadir Ketua IKK HSS H Amin Santang dan tokoh HSS Prof Dr H Kustan Basri, yang juga dosen Universitas Lambung Mangkurat (Unlam) Banjarmasin.
Selain itu, hadir pula, Mantan Sekda Provinsi, Drs H Muchlis Gafuri, Mantan Bupati HSS H Muhammad Arlan SH beserta warga HSS yang berada di Banjarmasin.  Acara Halal bil Halal ini, juga dihadiri oleh H Abdussamad Sulaiman HB yang menjadi undangan kehormatan.
Amin Santang, dalam sambutannya mengatakan, kegiatan Halal bil Halal yang dilaksanakan untuk menyatukan visi dan misi keberadaan IKK HSS di Banjarmasin. Seiring dengan adanya acara Halal bil Halal ini pula, diharapkan pelaksanaan program IKK HSS bisa berjalan dengan lebih baik.
“Keberadaan IKK HSS di Banjarmasin, diharapkan ikut berperan aktif untuk kemajuan Kalsel,” ujarnya di hadapan para undangan yang hadir.
Selain itu, Amin Santang juga mengatakan bahwa pelaksanaan  Halal bil Halal yang dihadiri para tokoh dan penggerak pembangunan di Banjarmasin dan kabupaten ini diharapkan dapat semakin memperkuat keberadaan IKK HSS.
Masih menurut Amin Santang, IKK adalah sebuah perkumpulan warga HSS yang tinggal di Banjarmasin. Dalam perkumpulan tersebut, banyak kegiatan sosial yang dilaksanakan yang sifatnya turut membangun Kalimantan Selatan.
Di tempat yang sama, sesepuh yang juga tokoh serta Dosen Unlam Banjarmasin, Prof Dr H Kustan Basri, mengatakan, dirinya sangat bersyukur dan bangga atas kemajuan Kalsel selama ini. Bahkan yang lebih membuat  bangga lagi, ketika Gubernur H Rudy Arifin juga turut hadir di tengah-tengah acara yang dilaksanakan oleh IKK HSS.
Menurut Kustan Basri, dari catatan yang ada, Gubernur ternyata juga pernah tinggal dan bersekolah di Kabupaten HSS, ketika mengikuti orang tuanya bertugas. Kebanggaan itu bertambah lagi, ketika istri Gubernur, Hj Hayatun Fardah adalah asli orang Banua.
Ditambahkan Kustan, kegiatan yang dilaksanakan patut dimanfaatkan oleh keluarga besar IKK HSS. Pasalnya, dalam kegiatan ini yang sangat ditonjolkan adalah silaturahmi antar masyarakat HSS.
“ Halal bil Halal yang dibungkus dengan silaturahmi ini perlu dibudayakan. Karena silaturahmi yang dilaksanakan sangat dianjurkan oleh agama. Terlebih, tujuannya adalah untuk meningkatkan kerukunan,” ujar Kustan Basri.
Dalam acara itu, Rudy Arifin juga menyampaikan sambutannya. Menurutnya, warga HSS saat ini banyak yang tinggal di perantauan. Selama dalam perantauan, warga HSS ada yang menjadi Da’i dan imam di masjid-masjid. Untuk tetap mengakrabkan kebersamaan, warga HSS selalu menggelar acara silaturahmi.
“Saat ini, kita perlu mensyukuri, karena Kalsel selalu dalam keadaan kondusif. Hal ini tercipta, karena adanya kebersamaan dan saling hormat menghormati,” ujar Gubernur.
Rudy sangat berharap kepada semua warga, khususnya IKK HSS agar selalu dapat membantu pemerintah untuk menciptakan kerukunan untuk membangun Kalsel.
Sebelum acara Halal Bihalal berakhir,  Panitia pelaksana juga melakukan pengukuhan kepada H Rudy Arifin dan H A Sulaiman HB sebagai Dewan Penasihat Kehormatan IKK HSS. Metro7/fit