KANDANGAN — Cuti Bersama yang dilakukan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkup Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) sudah berakhir. Seiring dengan itu, semua PNS yang sudah mengambil cuti bersama diminta untuk kembali bekerja seperti sedia kala.
Pasalnya, pada awal kerja pertama ini, semua atasan PNS yang bersangkutan akan memantau semua bawahannya yang mengambil Cuti Bersama. Selain itu, pimpinan juga akan melakukan inspeksi mendadak ke semua SKPD yang ada dalam lingkup pemerintah kabupaten.
Apabila tertangkap atas ketidakhadiran dengan alasan yang tidak jelas, pastinya akan langsung ditindaklanjuti dengan melaporkan ke pimpinan. Selanjutnya akan diproses untuk mendapatkan sanksi dari pimpinan.
Sekretaris Daerah Drs Achmad Fikry mengatakan,  para PNS yang ada di lingkup pemerintah daerah pada tanggal 19 hingga 20 Agustus 2012 kemarin mengikuti libur Nasional untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri. Sedangkan tanggal 21 hingga 22 Agustus 2012, Cuti Bersama. Karena libur Nasional dan Cuti Bersama sudah dilaksanakan, maka semua PNS pada hari Kamis (23/8) harus kembali masuk kerja.
“Masuk pertama kerja hari Kamis dan akan diawali dengan pelaksanaan apel bersama. Selanjutnya diikuti dengan acara halal bil halal di halaman kantor Bupati,” ujar Achmad Fikry belum lama tadi.
Usai apel bersama, Bupati dan para PNS juga menggelar makan pagi bersama di halaman kantor. Diharapkan dengan kegiatan ini, PNS yang ada di lingkup pemerintah daerah dapat meningkatkan rasa kebersamaan yang selama ini sudah terjalin begitu lama. 
Dalam kesempatan ini, Fikry juga mengatakan bahwa pada lebaran pertama, Bupati Dr H Muhammad Safi’i dan Wakil Bupati Ardiansyah S Hut bersama dirinya menggelar Open House di Pendopo kabupaten.  Open house yang dilaksanakan terbuka bagi semua masyarakat yang ada di HSS.
Selanjutnya, pada hari kedua lebaran, Bupati bersama rombongan juga menghadiri Open House yang dibuka oleh Gubernur Kalimantan Selatan di Banjarmasin.
“Semua kegiatan yang direncanakan berjalan dengan lancar dan sesuai dengan yang diharapkan,” ujar Sekda lagi.
Di tempat terpisah, Kepala Bagian Humas Pemkab HSS Drs Zulkifli mengatakan, Open House yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah memang terbuka untuk umum. Namun waktunya terbatas, dari pukul 10.00 WITA hingga pukul 12.00 WITA. Selanjutnya, sisa waktu lebaran yang dimiliki digunakan untuk keluarga yang berdatangan dari segala penjuru.
“Bupati membuka Open House sampai jam 12.00 WITA, yang dilanjutkan dengan acara interen dan keluarga,” jelas ZulkiFli. Metro7/fit