Bupati Hulu Sungai Tengah H Harun Nurasid menghadiri Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke 104 tahun sekaligus peringatan Hari Ulang Tahun Proklamasi Pemerintahan Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan ke-63 bertempat di Lapangan Dwi Warna Barabai, Senin (21/5/2012) Pukul 08.00 Wita.
Kegiatan Peringatan Hari Kebangkitan Nasional mengambil tema “Dengan Semangat Hari Kebangkitan Nasional kita tingkatkan kesadaran bernegara yang berkarakter damai dan berdaya saing menuju masyarakat yang sejahtera”.
Turut dihadiri Ketua DPRD HST H Gt Rosyadi Ilmi, Sekda HST H IBG Dharma Putra, Para Asisten dan Pimpinan SKPD,  Perwakilan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Pejuang Veteran, diikuti ratusan peserta dari TNI/Polri, Guru dan Pelajar di Kabupaten HST.
Menteri Komunikasi dan Informatika RI Tifatul Sembiring dalam sambutan yang dibacakan Bupati HST menyampaikan Peringatan Harkitnas yang ke 104 tahun 2012 ini menjadi penting dari  nilai-nilai kebangsaan, nilai-nilai persatuan dan kesatuan, nilai-nilai kejujuran, dan nilai-nilai kebersamaan yang menjadi ciri ke-Indonesia-an yang telah dipelopori oleh para pendahulu kita melalui gerakan “Boedi Oetomo”.
Juga sekaligus menjadi renungan dan evaluasi, sejauh mana semangat nasionalisme tersebut terimplementasi dalam setiap potensi, profesi, tugas dan tanggung jawab perilaku masing-masing individu warga negara Indonesia dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
“Mudah-mudahan semangat kebangkitan nasional yang telah dirintis oleh para pendahulu kita, yang kita peringati pada tahun 2012 ini, tetap dan terus menjadi obor penerang dan pencerah bagi langkah anak bangsa menjaga dan mengembangkan konstruksi nasionalisme yang bercirikan ke-Indonesia-an sejati,” harapnya.
Terkait peringatan Hari Ulang Tahun Proklamasi Pemerintahan Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan ke-63, Bupati HST juga mengungkapkan, perjuangan rakyat kalimantan yang dipelopori oleh ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan berhasil dalam tetap berdirinya  dalam barisan Republik Indonesia.
Lahirnya proklamasi Pemerintahan Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan  17 Mei 1949 sesungguhnya didorong oleh kebutuhan perjuangan, yakni untuk menegakkan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-undang dasar 1945, di samping untuk memenuhi isi dan kehendak Proklamasi 17 Agustus 1945.
Jenderal Mayor Soehadjo Hardjowadojo atas nama Panglima Angkatan Perang Republik Indonesia telah meresmikan ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan menjadi bagian dari angkatan perang Republik Indonesia.
Kemudian berdasarkan Keputusan Menteri Pertahanan RI Nomor 518/1949 tanggal 2 Nopember 1949 terhitung mulai tanggal 1 Nopember 1949 di Kandangan kesatuan ALRI Divisi IV di ubah menjadi Divisi Lambung Mangkurat yang peresmiannya dilakukan tanggal 10 Nopember 1949 di Kandangan. advhst