Barabai — Bupati Hulu Sungai Tengah (HST), Dr Ir H Harun Nurasid MM MT, menjadi inspektur upacara peringatan HUT ke-64 Proklamasi gubernur tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan tahun 2013, di halaman Kantor Pemerintah Kabupaten HST, Senin (20/5) tadi. Dalam upacara ini Harun membacakan sambutan tertulis Gubernur Kalimantan Selatan.
Dalam sambutannya, Gubernur Kalimantan Selatan H Rudy Arifin, mengingatkan agar peringatan tersebut tidak hanya sebagai seremonial semata. “Jadikan peringatan ini sebagai renungan kita dan tentunya harus dihayati arti dari rasa cinta terhadap tanah air Indonesia,” demikian petikan sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Bupati HST.
Pada peringatan kali ini, bertemakan “Dengan HUT ke-64 Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan Tahun 2013, kita perkokoh Rasa Persatuan, kesatuan dan solidaritas Sosial”.
“Tema tersebut mengandung makna bahwa persatuan, kesatuan dan solidaritas sosial, menjadi tantangan kita bersama untuk lebih dikokohkan. Ini sangat relevan untuk dijadikan fokus perhatian, karena persatuan, kesatuan dan solidaritas sosial adalah kondisi, yang turut menentukan keberhasilan kita dalam membangun banua ini menjadi lebih baik, maju dan berkembang,” katanya.
Lebih lanjut, semangat dan emosi yang dituangkan dalam proklamasi 17 Mei 1949, kiranya juga menyemangati kita untuk meneruskan komitmen kesetiaan terhadap NKRI.  “Oleh karena itu, segala gejala, gejolak, dan riak-riak yang akan mengganggu kesetiaan kita terhadap NKRI, harus menjadi perhatian kita bersama untuk ditangani dengan sebaik-baiknya, sehingga persatuan dan kesatuan kita tetap terpelihara”, tambahnya lagi.
Selain itu, pesannya, kita harus mampu melokalisir setiap riak-riak masalah, yang memicu timbulnya gejolak sosial, dan iklim yang tidak kondusif terhadap persatuan dan kesatuan.  “Apapun masalah yang kita hadapi dalam kehidupan bermasyarakat dan berpemerintahan, setiap masalah harus kita selesaikan dengan cara musyawarah, kebersamaan, saling menghargai dan menghormati, agar kerukunan kita di Kalimantan Selatan tetap terpelihara dengan baik,” terangnya.
HUT proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV ini juga ditandai dengan pembacaan sejarah singkat perjuangan Tentara AlRI Divisi IV Pertahanan Kalsel. Turut hadir dalam acara tersebut, Ketua DPRD HST Gt Rosyadi Elmi, unsur FKPD, Sekda HST IBG Dharma Putra, Ketua TP PKK HST Hj Tintainah Harun Nurasid,  sejumlah pejabat, jajaran TNI/Polri, para veteran, pengurus KNPI Cabang HST, serta para pelajar dan undangan lainnya. AdvHumHST