BARABAI – Upacara peringatan Hari Pahlawan yang jatuh pada hari Senin, 10 Nopember 2014, berlangsung khidmat dilapangan Dwi Warna Barabai tepatnya dijalan Perwira No 1 Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST).
Bertindak selaku inspektur upacara ialah Bupati HST Dr H Harun Nurasid, dan Komandan Upacara ialah Lettu inf Pon Steven dari Bataliyon Infanteri 621 Manuntung Barabai.
Peringatan hari pahlawan tersebut ditandai dengan pembacaan pesan-pesan pahlawan nasional yang disampaikan oleh Zain Mahfuz dari Disnakertransos HST.
Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa dalam sambutan tertulisnya yang disampaikan oleh inspektur upacara Dr H Harun Nurasid menyampaikan Sejarah perjalanan Bangsa dan Negara Indonesia menunjukkan bahwa untuk mendirikan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) diperlukan perjuangan panjang.
“NKRI tidak akan bisa berdiri menjadi negara yang merdeka berdaulat dan terhormat seperti saat ini, tanpa perjuangan para pejuang, pendiri bangsa dan pahlawan yang telah mengorbankan jiwa, raga, pikiran serta hartanya,” katanya
Lebih lanjut, dijelaskannya, Sejarah bangsa dan negara Indonesia mencatat, perjuangan untuk merebut kemerdekaan dan mendirikan NKRI membutuhkan ikatan persatuan dan kesatuan yang kuat.
“Komitmen para pejuang, pendiri bangsa dan para pahlawan untuk mempersatukan bangsa ini melahirkan sikap kepahlawanan, kesetiakawanan sosial serta menguatkan memori kolektif bangsa saat itu supaya berani bertindak nyata untuk melawan penjajahan dan ketertindasan akibat kolonialisme dan imperialism,” jelasnya.
Adapun tema peringatan Hari Pahlawan tahun 2014 ini yaitu *PAHLAWANKU IDOLAKU* untuk mengingatkan kembali kepada kita semua dan bagi generasi muda khususnya sebagai penerus cita-cita, agar nilai-nilai kejuangan yang telah dibangun tidak boleh dilupakan sampai kapanpun.
Turut berhadir pada upacara tersebut yaitu Ketua DPRD HST Saban Efendi, Sekretaris Daerah HST H A Agung Parnowo, Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) HST, para asisten, para kepala SKPD, para veteran, jajaran TP PKK HST, jajaran DWP HST, persit candra kirana, jajaran TNI/Polri, dan peserta upacara. (AdvHumHST)