• Gotong Royong di Lokasi Banjir

Barabai — Musibah banjir bandang yang melanda Desa Alat Seberang Kecamatan Hantakan sudah lama berlalu. Namun akibat yang ditimbulkannya masih dirasakan oleh warga setempat. Salah satunya adalah sampah dan puing-puing bangunan yang masih berserakan di sekitar pemukiman warga.
Untuk meringankan beban warga, jajaran Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) bersama anggota TNI dan Polres HST melakukan gotong royong di wilayah yang paling parah dilanda bencana, Selasa (26/6) tadi. Aksi sosial ini dipimpin langsung oleh Bupati Harun Nurasid.
Dalam kegiatan tersebut bupati tak segan ikut membantu mengangkut puing-puing bangunan bekas terjangan banjir yang masih menumpuk di halaman salah satu  rumah warga. Sementara Ketua Tim Penggerak PKK HST, Hj Tintainah Harun Nurasid, turut membantu mempersiapkan bahan makanan di dapur umum bersama para sukarelawan.
Menurut Harun, ia sangat salut dengan kesigapan dari berbagai pihak yang tanggap untuk membantu baik secara moril dan materiil atas musibah yang menimpa masyarakat di beberapa desa di Kecamatan Hantakan.  “Saya sangat berterimakasih kepada jajaran TNI dan Polres HST serta adik-adik dari Pramuka dan PMI karena sudah bekerja keras untuk membantu meringankan beban para koban banjir. Saya juga sangat mengapresiasi jajaran Pemkab HST yang telah bekerja keras untuk mendistribusikan bantuan kepada para korban banjir,” ujarnya.
Kepala Kantor Kesbangpol dan Penanggulangan Bencana HST, Fathoni, kegiatan ini juga diikuti oleh Dinas PU, Dinas Kesehatan, dan jajaran BPK.  “Untuk kegiatan ini yang menjadi perhatian adalah pembersihan sampah serta puing-puing bangunan pasca banjir, untuk jajaran BPK sendiri nanti akan menyiram jalan yang masih ditutupi oleh puing-puing sehingga memudahkan pengangkutan,”ujarnya. AdvHumHST