Terkait Penilaian Adipura Tahap II
Barabai — Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) H Harun Nurasid menginginkan agar penataan pasar di daerahnya lebih optimal agar terlihat rapi dan tidak semrawut. Termasuk lahan untuk lokasi parkir dan terminal.
Keinginan itu diungkapkan Harun saat meninjau aktivitas para pedagang di Pasar Keramat Barabai, bersama Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM H Haderiansyah dan Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) H Akhmad Tanzil, Jumat lalu.
Penataan pasar itu, menurutnya, terkait dengan penilaian Adipura tingkat Provinsi Kalimantan Selatan dimana Kabupaten HST adalah salah satu nominator penerimanya. Oleh karena itu ia meminta BLH menjaga kebersihan lokasi pasar dengan menempatkan beberapa orang pasukan kuning.
Intinya, Harun mengharapkan Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM dapat bersinergi dengan BLH dalam menghadapi penilaian Adipura tahap II yang kemungkinan akan dilaksanakan pada bulan ini.
Peninjauan pasar ini dimanfaatkan Harun untuk beramah tamah dengan para pedagang di Pasar Keramat Barabai. Ia tidak segan-segan memasuki beberapa blok pasar. Mulai dari pasar beras, sayur mayur dan pasar ikan.
Kepada para pedagang ia menanyakan fluktuasi harga dan kestabilan stok sembako di daerahnya. Hal ini dilakukan agar dirinya bisa mendengar langsung dari pedagang dan masyarakat, bukan hanya dari laporan para bawahannya semata. Dengan demikian dirinya bisa segera mengambil tindakan jika terjadi lonjakan harga atau kekurangan stok sembako yang bisa memberatkan warga. AdvHumHST