TANJUNG, metro7.co.id – Belasan ribu bibit cabai rawit Tiung Tanjung diberikan oleh Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Tabalong kepada masyarakat Bumi Sarabakawa.

Diketahui pembagian bibit tersebut diserahkan langsung oleh Ketua Hipmi Tabalong, Irwan Hidayat secara simbolis saat pencanangan kampung benih Tiung Tanjung di Desa Uwie, Kecamatan Muara Uya, Tabalong, Senin (5/6/2023).

Irwan menyampaikan, ada sebanyak 15.000 bibit cabai rawit tanjung yang dibagikan untuk masyarakat Kabupaten Tabalong.

“Untuk di desa uwie hari ini ada 5.000 bibit cabai tiung yang kita bagikan,” ujar Irwan kepada sejumlah awak media.

Sedangkan untuk ribuan bibit lainnya dibagikan ke sejumlah desa tersebar di Kecamatan Muara Uya, Haruai dan Upau yang masing-masing menerima 500 hingga 1.000 bibit dari pengurus Hipmi.

“Ini kita bagi juga di 121 desa yang ada di Tabalong,” jelas Irwan.

Kemudian Irwan menambahkan terkait sumber pendanaan ribuan bibit itu berasal dari swadaya Hipmi Tabalong, sedangkan belasan ribu bibit cabai rawit tiung tanjung berasal dari salah satu anggotanya.

“Dananya pun swadaya dari teman-teman HIPMI juga seperti visi misi kami yaitu menjadi pengusaha muda yang bermanfaat bagi masyarakat maupun orang lain,” tambah Irwan.

Sementara itu, Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani menerangkan bahwa bantuan bibit yang ada ini tidak ditanam di kebun akan tetapi di pekarangan.

“Kita ingin mewujudkan ketahanan pangan di Kabupaten Tabalong ini, dengan memanfaatkan lahan-lahan pekarangan,” terang Bupati. *