TAMIANG LAYANG, metro7.co.id – Balai Penyuluh Pertanian Kecamatan Paju Epat Kabupaten Barito Timur bersama Anggota kelompok tani se Kecamatan Paju Epat melaksanakan kajibanding ke Kabupaten Tabalong, Kalsel. 3 Juni kemarin.

Selain para anggota kelompok tani dan BPP, kegiatan tersebut juga di ikuti ketua komisi II DPRD Bartim,  Adolina sendol, anggota komisi II Trisnawati, Ketua tim penggerak PKK Barito Timu,  Munita Mustika, Kepala Dinas Pertanian  Barito Timur Trikorianto, purna tugas sekda kabupaten Barito Timur  Eskop.

Kegiatan Studi Banding dan kaji banding ke BPP Kembang Kuning dan Kelompok Tani Kecamatan Kembang Kuning tersebut adalah untuk melihat perkembangan budidaya cabai varietas tiung Tanjung terong varitas yummy, tomat varietas servo.

Menurut Kepala Dinas Pertanian Bartim, Trikorianto, ini merupakan salah satu komoditas yang masuk dalam fokus pengembangan komoditas kostra tani yang saat ini sedang difokuskan di seluruh wilayah BPP di Indonesia sehingga untuk menyukseskan program tersebut, para petani di kecamatan Paju epat perlu dibekali dengan pengetahuan dan ketrampilan yang baik.

“Kegiatan tersebut para  petani dari kecamatan Paju epat melakukan pengamatan secara langsung tentang cara pemeliharaan komoditas hortikultura (cabe varietas tiung tanjung, terong varietas yummy dan tomat varietas servo)  serta berdiskusi dengan petani andalan bapak Gatot   tentang Teknis Budidaya Cabai Rawit sejak dari persiapan lahan hingga masa pemeliharaan. Kondisi pertanaman saat ini sudah memasuki masa vegetatif hingga mempelajari sosial ekonomi dan analisa usahanya,” jelasnya.

Ia mengungkapkan, kegiatan kaji banding kemarin bukannya belajar, melainkan membandingkan dengan kelompok tani disana apa kekurangan disini dan apa kelebihan.

“Kita hanya memantapkan saja, apa yang kurang kita perbaiki. Kita harap dengan adanya kegiatan tersebut dan memperoleh ilmu disana  kita bisa lebih meningkatkan lagi hasil produksi,” ungkapnya.

Sebagaimana diketahui, kegiatan kaji banding tersebut yakni Poktan maju bersama siong, Poktan sabar subur siong, Poktan Tuntung tulus siong, Poktan harapan sejahtera siong, poktan anugerah alam Lagai balawa , Poktan muru menung desa balawa , Poktan rurey maju murutuwu, Poktan daya kaleko Telang. ***