KANDANGAN, metro7.co.id – Untuk menjaga kondusifitas serta menolak segala bentuk provokasi dan anarkisme terutama di wilayah Hulu Sungai Selatan (HSS), Polres HSS gelar Deklarasi Damai Anti Anarkisme.

Bertempat di halaman Polres HSS, deklarasi ini dihadiri langsung oleh Sekda HSS H Muhammad Noor. Rabu (21/10/2020).

“Kepentingan utama kegiatan ini adalah untuk menumbuhkan kesadaran dan kesepakatan kita bersama untuk menjaga kedamaian di kabupaten HSS,” kata Kapolres HSS AKBP Siswoyo dalam sambutannya.

Kapolres menjelaskan Deklarasi Damai Anti Anarkis yang dimaksudkan disini bukan berarti anti unjuk rasa, tetapi anti anarkis.

“Anti segala bentuk kekerasan, apalagi sampai merusak fasilitas umum yang tidak dibenarkan dan melanggar undang-undang,” jelas Kapolres.

Pada kesempatan itu, Kapolres HSS juga menghimbau agar segala bentuk anarkisme di kabupaten HSS agar bisa dicegah dan dihindari bersama.

“Guna mempertahankan kedamaian demi keberlangsungan dan kelancaran pelaksanaan pembangunan di daerah, perlu adanya stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat yang aman dan kondusif,” ujar Kapolres.

Hal itu lanjutnya, sebagai modal dasar terselenggaranya pembangunan sehingga terwujud masyarakat yang sejahtera, agamis dan produktif.

Sementara itu, Sekda HSS menyambut baik kegiatan deklarasi damai / anti anarkisme yang dilaksanakan oleh Polres HSS.

“Kita berharap melalui kegiatan ini bisa menjadi komitmen bersama untuk mewujudkan suasana aman, damai dan kondusif di daerah HSS,” kata Sekda.

Ia mengungkapkan, pembangunan akan dapat berlangsung dengan baik jika didukung oleh suasana yang aman, damai dan kondusif.

“Meskipun secara umum suasana tersebut sudah dapat kita rasakan di daerah kita, hendaknya suasana ini dapat terus kita jaga agar terus terpelihara dengan baik,” ungkapnya.

Lebih lanjut, hal itu karena tindakan anarkis akan merugikan semua pihak, tidak hanya diri sendiri, namun juga orang lain, termasuk hasil-hasil pembangunan.

Acara ini kemudian diakhiri dengan pembacaan Deklarasi Damai Anti Anarkisme oleh Ketua DPRD HSS yang diikuti oleh semua yang berhadir serta penandatanganan papan Deklarasi Damai Anti Anarkisme.

Pada deklarasi ini turut dihadiri oleh Ketua DPRD HSS H. Akhmad Fahmi, Dandim 1003 Kandangan Letkol Arm Dedy Soehartono, Kepala Kantor Kementerian Agama Kab HSS.

Berhadir juga Perwakilan Kejaksaan HSS, perwakilan MUI HSS, perwakilan tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan seluruh perwakilan elemen masyarakat kabupaten HSS. *