AMUNTAI – Usaha pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) melalui SKPD terkait akhirnya membuahkana hasil. Hal ini disampaikan tim penilai Adipura sekaligus Expose adipura P1 dibulan Nopember 2014, Senin (9/3) tadi di Gedung Arsip Setda HSU.
H Hermani Johan Kepala Kantor Pengelolaan Lingkungan Hidup (KPLH) Kabupaten (HSU) menerangkan, pada hari ini tim penilai mengumumkan kalau HSU termasuk dalam kriteria, dan pantas melanjutkan ke penilaian dua (P2).
”Hari ini tim memberitahukan bahwa HSU masuk kriteria P1, minimal nilainya 71 baru bisa megikuti ke P2. Setelah di umumkan tim, HSU berhasil mendapat nilai 73 dan berhak memasuki  ke P2,” ujarnya.
Adapun untuk item yang dinilai sebanyak 13 diantaranya, pasar, perkantoran, jalan, pengelolaan sampah dan lain lain. Sedangkan pencapain P2, HSU harus mendapakan nilai 75 serta penilannya baru akan dilaksanakan pada bulan April.
Ditanya mengenai kelemahan HSU, Hermani menjawab, kelemahan saat ini yaitu masalah pemilahan sampah yang masih kurang, dan kurangnya  kesadaran masyrakat, ini yang perlu ditingkat, selain itu,sarana pengangkutan perlu juga ditingkatkan.
Wakil Bupati HSU H.Husiri Abdi Lc meminta untuk menghadapi akan datang agar masing masing dinas bisa menetralisir masalah masalah serta kendala yang dihadapi, dan partisipasi masyarakat supaya aktif dalam pengelolaan sampah, baik  organik dan anorganik. (metro7/awir)