KANDANGAN – Kepala Bank Kalsel Syariah Cabang Kandangan Khalid Victor RM, menyerahkan bantuan dana Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Bank Kalsel untuk pembangunan Taman Pendidikan A-Quran (TPA) Darul Ma’arif Unit 234 Desa Panjampang Bahagia, Kecamatan Simpur dalam kegiatan Safari Jum’at Pemkab Hulu Sungai Selatan (HSS), di Masjid Su’ada Simpur, Jumat (14/2).

Penyerahan bantuan dana sebesar Rp 10 juta diterima oleh Camat Simpur, Abdul Karim disaksikan langsung oleh Bupati HSS H Achmad Fikry sebelum prosesi Shalat Jum’at berlangsung.

TPA Darul Ma’arif yang akan dibangun berlokasi di Desa Panjampang Bahagia Kecamatan Simpur HSS.

Proses belajar mengajar Al-Qur’an di TPA Darul Ma’arif sudah berjalan sejak beberapa tahun silam dan sudah menamatkan santri dan santriwati.

Saat ini jumlah peserta didik sebanyak 32 orang dengan dibimbing 3 orang guru dan seorang Da’i MUI HSS.

Namun, Pendidikan dan pengajaran belum berjalan maksimal karena masih sangat terkendala oleh terbatasnya ruang dan waktu belajar yang masih menumpang di SDN Panjampang Bahagia 2.

TPA tersebut berada di daerah terpencil, oleh karena itu anak-anak di daerah tersebut dikhawatirkan terpengaruh oleh perilaku sebagian orang dewasa
yang menyimpang dari ajaran agama lslam yang kerap terjadi di daerah-daerah terpencil yang jarang terjangkau dakwah lslam, maka salah satu upaya
pencegahannya dengan mengenalkan baca tulis Al-Quran dan pembinaan mental serta penanaman nilai agama sejak dini.

Berdasarkan hal tersebut UPZ Bank Kalsel berkomitmen membantu pembangunan TPA Darul Ma’arif unit 234 tersebut.

Bantuan dana UPZ Bank Kalsel ini merupakan bagian dari program Bina Lingkungan Bank Kalsel yaitu Program Pendistribusian dan Pendayagunaan Zakat dalam bidang dakwah dan advokasi secara komprehensif dalam rangka mewujudkan kehidupan masyarakat yang sesuai dengan nilai-nilai Islam, keberpihakan kepada masyarakat lemah, dan meningkatkan harkat dan martabat bangsa dan umat.

Turut hadir, Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, Sekda H.Muhammad Noor, Kapolres HSS AKBP Dedy Eka Jaya, Danramil 1003-06/Simpur Kapten Abdi Brawdjaya, para asisten dan para kepala OPD. (metro7/adv/nrl)