KANDANGAN, metro7.co.id – Bupati Hulu Sungai Selatan H Achmad Fikry, meresmikan Gedung Beras (HST) Poktan Budi Bakti yang berlokasi di desa Gambah Dalam Barat kecamatan Kandangan, Kamis (01/10/2020)

Peresmian ini ditandai dengan Bupati HST penandatanganan Prasasti Peresmian Gedung Beras Poktan Budi Bakti dan pengguntingan pita sebagai tanda peresmian.

Dilaporkan oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan HSS H Akhmad Mawardi, tujuan dilaksanakannya kegiatan pembangunan gudang beras ini dalam rangka mendukung kemandirian kelompok tani.

Khususnya kegiatan pasca panen beras organik yang diproduksi oleh kelompok tani Budi Bakti yaitu berupa sarana bangunan gudang, yang peruntukannya bagi pengolahan beras sehat baik untuk penyortiran, pengemasan dan penyimpanan.

“Adapun jumlah petani yang dapat memanfaatkan pembangunan gedung beras ini sebanyak 47 orang anggota kelompok tani,” jelas Mawardi.

Gedung beras poktan Budi Bakti ini juga menurut Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Selatan merupakan yang terbaik di Kalsel dan akan menerima sertifikat organik yang mana satu-satunya di Kalimantan.

Bupati HSS H Achmad Fikry dalam wawancaranya mengucapkan rasa syukur telah meresmikan Gedung Beras Poktan Budi Bakti.

“Yang pertama kami mengucapkan rasa syukur bisa meresmikan gedung beras. Disini kelompok tani Budi Bakti adalah kelompok tani yang menghasilkan produk beras organik,” ujar Bupati.

Dilanjutkan oleh Bupati, tadi sudah dilaporkan oleh Kepala Dinas sebentar lagi akan keluar sertifikat organik dan setifikat ini satu-satunya di Kalimantan.

“Karena sudah bersertifikat nantinya semua persyaratan akan tetap kita pertahankan. Tadi saya sudah diskusi kecil dengan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Ketua Kelompok Tani tentang apa saja yang bisa kita lengkapi agar bisa memberikan yang terbaik,” lanjutnya.

H Achmad Fikry berharap para petani bukan disini saja yang mulai mengalihkan proses penanaman dan yang lainnya menggunakan organik mengurangi hal-hal yang bersifat kimiawi.

Dirinya bersyukur dengan kebijakan Dinas Ketahanan Pangan hampir ASN banyak yang mengkonsumsi beras organik termasuk dirinya juga menggunakan beras organik.

Hal Ini sejalan dengan pemerintah pusat juga yang mendorong para petani berbasis organik.

“Jadi tentu kami ingin mendorong petani yang ada disini untuk mempertahankan keberadaannya dan pesan saya tadi harus siap sekarang kalau orang datang atau order beras organik perlu dibikin jejaring jadi itu harapan kami,” harapnya

Bupati juga berharap agar bangunan yang diresmikan dapat bermanfaat dan dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh kelompok tani Budi Bakti.

Turut berhadir pada kesempatan tersebut Wakil Bupati Hulu Sungai Selatan Syamsuri Arsyad, Kepala Perangkat Daerah serta Kelompok Tani Budi Bakti. ***