BARABAI – Bupati Hulu Sungai Tengah Dr H Harun Nurasid didampingi ketua Tim Penggerak PKK HSt Hj Tintainah Harun Nurasid diikuti oleh Kasdim 1002 Barabai mayor inf Banani dan kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura HSt Ir Kemat, kembali melaksanakan panen raya padi di desa Cukan Lipai Kecamatan Batang Alai Selatan kabupaten HST, Selasa (17/3).
Sebelum melaksanakan panen padi, orang nomor satu di Bumi Murakata tersebut juga melakukan tanam perdana padi di area persawahan sekitarnya.
Setelah melakukan panen raya, Bupati dan rombongan bersilaturrahmi dengan kelompok tani dan warga sekitarnya.
Pada kesempatan itu, ketua Kelompok tani Sadar desa Cukan Lipai, Matnor, menyampaikan bahwa poktan Sadar telah memiliki 47 orang anggota dan mempunyai luas lahan pertanian seluas 68 hektar.
“Luas lahan tersebut terdiri dari 66 hektar tanaman padi dan 2 hektar tanaman holtikultura yaitu cabe dan tomat dan sisanya adalah perkebutan karet unggul dan lokal,” katanya.
Lebih lanjut, ia memaparkan bahwa hasil pertanian did esanya dari tahun ke tahun semakin meningkat. Produktivitas  padi dikelompoknya saat ini sudah mencapai rata-rata 4,7 sampai 5,8 ton perhektar, sedangkan indeks pertanaman sudah IP.300.
“Sedangkan usaha yang dijalankan kelompok tani Sadar, salah satunya adalah usaha pelayanan jasa alat dan mesin pertanian (UPJA),” terangnya.
Dalam sambutannya, Bupati Harun Nurasid mengungkapkan rasa bangga dan bahagia, karena wilayah HST produksi padinya melimpah. Dibandingkan dengan daerah lainnya, HST juga lebih awal dalam pelaksanaan panen.
Selain itu, pemerintah pusat juga telah menaikan target produksi  beras sebesar 231 ribu ton. Semakin meningkatnya target dari pemerintah pusat dalam capaian produksi beras, mengharuskan pemerintah daerah untuk melaksanakan berbagai program dalam rangka meningkatkan produksi  eras di HST.
“Meskipun demikian, kita harus optimis melalui kerja keras dari semuanya, target produksi beras bisa dicapai,” ucapnya.
Turut berhadir pada kegiatan tersebut, para kepala SKPD, Camat BAS H Sufiani, para kelompok tani Sadar dan warga sekitar. AdvHumHST