KANDANGAN, metro7.co.id – Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) turut memperingati Hari Santri Nasional Tahun 2020 dengan tema “Santri Sehat Indonesia Kuat”. Kamis (22/10/2020).

Peringatan Hari Santri Nasional tahun 2020 ini diisi tausiah dari Pimpinan Majelis Raudhatul Ghanna Annabawiyyah TGH Ahmad Syairazi.

Berlangsung di Lapangan Basket Amandit Lambung Mangkurat Kandangan dengan menerapkan protokol kesehatan, peringatan ini dihadiri langsung oleh Bupati HSS H Achmad Fikry.

Pada momen ini, Bupati H Achmad Fikry secara simbolis menyerahkan bantuan dari Ikatan Pesantren Indonesia untuk Ustadz Ustadzah yang kurang mampu.

Kemudian ada juga bantuan kitab dari Baznas kabupaten HSS untuk santri, serta bantuan beasiswa dari Pemkab HSS untuk santri yang belajar di luar negeri.

“Peringatan Hari Santri Tahun ini berbeda dengan tahun lalu, jadi acara ini menyesuaikan dengan situasi dan kondisi yang ada sekarang ini”, ujar Bupati dalam sambutannya.

Bupati yang juga sebagai ketua Satgas Covid-19 HSS, sangat mengharapkan dukungan penuh dari masyarakat semua khususnya dari pondok pesantren untuk bersama-sama berikhtiar memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Ikhtiar ini harus dilakukan dengan mengikuti protokol kesehatan, pakai masker, jaga jarak, cuci tangan pakai sabun di air yang mengalir serta menghindari kerumuman,” jelasnya.

Mengenai banyaknya permintaan izin untuk membuka pondok untuk proses belajar mengajar secara tatap muka.

Bupati mengungkapkan bahwa izin boleh tidaknya pondok itu dapat dibuka kembali adalah Kementerian Agama.

“Yang paling berwenang adalah Kementerian Agama, bahkan dapat mengevaluasi sejauh mana proses belajar mengajar di Ponpes sesuai dengan protokol kesehatan,” ungkapnya. ***