KANDANGAN, metro7.co.id – Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) tengah melebarkan sayap-sayapnya.

Dengan mengadakan kegiatan Masa Penerimaan Anggota Baru (Mapaba) yang bertempat di Pondok Pesantren Al Baladul Amin, Sabtu (24/10/2020).

Mengangkat tema “Membentuk Karakter Mahasiswa yang Kritis dan Militan Berlandaskan Ahlussunnah Wal Jamaah Annahdliyah”, kegiatan ini tetap dengan menerapkan protokol kesehatan.

Dikatakan oleh Didy Nofiady selaku Ketua Cabang PMII Kandangan, Mapaba merupakan tahap awal mahasiswa yang akan bergabung dengan organisasi PMII.

“Mapaba adalah sebuah proses kaderisasi pertama atau masa orientasi PMII kepada mahasiswa untuk masuk menjadi anggota PMII,” jelasnya.

Dalam Mapaba para mahasiswa dijelaskan mengenai apa itu PMII, sejarah berdirinya PMII, materi tentang Ahlussunnah Wal Jamaah (Aswaja), dan materi lainnya mengenai kemahasiswaan, keislaman, dan keindonesiaan.

Sementara itu Ketua NU HSS, Ustadz Diny Mahdany menuturkan bahwa PMII adalah organisasi kader yang berideologikan Ahlussunnah Wal Jamaah dan berasaskan Pancasila.

“PMII adalah wadah yang tepat bagi mahasiswa untuk belajar tentang nilai-nilai keislaman dan kebangsaan, serta PMII mampu mencegah faham-faham radikal yang akan mengganggu keutuhan NKRI,” tutur Ketua NU.

Adapun Sekretaris Umum Pengurus Koordinator Cabang (PKC) PMII Kalsel, M Irsyadul Insan mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan ini.

“PKC PMII Kalsel sangat mengapresiasi dan akan terus membersamai setiap kegiatan PMII, yang mana ini juga merupakan misi PKC dalam merajut simpul cabang di Banua Enam,” katanya.

Maka setelah itu, lanjutnya, PR dari PKC PMII Kalsel adalah tinggal membentuk satu cabang PMII di kabupaten Barito Kuala (Batola).

Ia berharap dengan Mapaba ini, nantinya akan menghasilkan kader-kader yang militan dan dapat bersinergi memperjuangkan kemajuan negara Indonesia berlandaskan nilai-nilai Aswaja.

Kemudian ketua panitia Mapaba Muhammad Noor Yudha mengungkapkan, tujuan dari dilaksanakannya Mapaba ini, mengingat betapa pentingnya mahasiswa untuk berorganisasi.

“Dengan berorganisasi ini akan membentuk karakter mahasiswa yang bernilai agamis, kritis dan berjiwa nasionalis,” ungkapnya.

Dalam Mapaba juga berhadir dan turut mengawal jalannya kegiatan Ketua NU HSS Ustadz Diny Mahdany, Sekretaris Umum Pengurus Koordinator Cabang (PKC) PMII Kalsel, M Irsyadul Insan, Ketua Kopri PKC PMII Kalsel Nuriatul Ummi.

Ketua GP Ansor HSS, Ketua Umum Pengurus Cabang (PC) dan Sekretaris Umum PMII Barabai, Ketua Umum dan Sekretaris Umum PC PMII Martapura, Sekretaris Umum PC PMII Amuntai, beberapa anggota PMII lainnya, serta perwakilan Polri dan TNI setempat. *