BARABAI, metro7.co.id – Dua Pimpinan TNI di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Dandim 1002/Barabai Letkol Inf Muh Ishak H Baharuddin dan Danyonif 621/Manuntung Mayor Inf Yoga Yustinanda mengantar logistik.

Bersama Danramil 1002-07/Pagat Kapten Inf Andi Tiro, Pasi-1/Lidik Yonif 621/Mth Lettu Inf Sumarlianto serta anggota mengantar logistik kepada warga terdampak musibah banjir dan tanah longsor ke Desa Datar Ajab, Jumat (22/1).

Turut membantu 32 orang anggota, Dandim 1002/Barabai dan Danyonif 621/Manuntung mendatangi salah satu desa yang masih terisolir.

“Perlu perjuangan untuk mencapai desa Datar Ajab, kami jalan kaki selama 4,5 jam dengan membawa logistik dipundak menggunakan rangsel,” ucap Dandim.

Ia menuturkan, bahwa untuk pengantaran logistik ke Desa Datar Ajab sampai saat ini belum bisa ditempuh menggunakan kendaraan roda empat.

Untuk kendaraan roda sebenarnya bisa, akan tetapi kondisi jalan sangat licin, ditambah adanya longsoran tanah yang menutupi jalan, sehingga sangat berisiko bagi keselamatan.

“Kurang lebih 27 titik longsor yang kami temui disepanjang perjalanan menuju Datar Ajab. Bahkan, ada jalan yang terkikis arus banjir beberapa waktu lalu, dan hanya satu pilihan yaitu jalan kaki,” bebernya.

Danyonif 621/Mtg Mayor Inf Yoga Yastinanda menambahkan, bahwa logistik yang ada dirangsel anggota berupa beras, mie instan, sarden, kecap, toti kering, garam, gula, kopi, teh dan lilin.

“Kami maksimalkan apa yang bisa kami bawa didalam rangsel, juga memperhitungkan kekuatan personel dalam membawa logistik dihadapkan dengan kondisi medan yang sangat sulit dilalui,” jelasnya.

Selain licin, lanjutnya, banyak longsoran tanah yang menimbun jalan, sehingga harus ekstra hati-hati.

Dia bepesan, jangan sampai niat kita menolong, tetapi justru kita yang mendapat pertolongan dari orang lain.

Sedangkan, untuk kebutuhan masyarakat Datar Ajab sesuai dengan permintaan warga, yakni yang mendesak seperti selimut, sarung, senter, parang dan gergaji.

“Untuk pendorongan logistik selanjut direncanakan menggunakan heli, dan sudah dilaporkan kepada Danrem 101/Antasari,” ungkapnya.

Sementara itu, Sandri atas nama warga Desa Datar Ajab mengucapkan terima kasih atas kepedulian TNI.

“Meskipun melalui medan yang sangat berat, mereka membawa logistik dengan penuh semangat,” tutupnya.