BARABAI, metro7.co.id – Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) H A Chairansyah instruksikan Camat se-Kabupaten untuk mengimbau masyarakat memasang Bendera Merah Putih sebulan penuh.

Pemasangan Bendera Merah Putih sebulan penuh, mulai tanggal 1 hingga 31 Agustus 2020. Dalam rangka memperingati hari Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Bupati HST mengatakan, bahwa Upacara Hari Proklamasi Kemerdekaan RI tetap dilaksanakan. Namun, dilaksanakan dengan sederhana, yakni menerapkan protokol kesehatan.

Hal tersebut, dia sampaikan saat pimpin apel gabungan SOPD, diikuti Pejabat Eselon II dan Eselon III Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemkab HST, di halaman Kantor Bupati, Senin (3/8).

Tidak ada yang beda dari apel gabungan sebelumnya, yaitu tetap sesuai protokoler kesehatan.

Masing-masing ASN berdiri berjarak satu meter dari ASN lainnya, serta diwajibkan memakai masker. Hal ini dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Selanjutnya Chairansyah mengatakan, dalam dua minggu terakhir, kasus Covid-19 di HST meningkat sangat tajam, diharapkan itu menjadi perhatian kita.

Selain itu katanya, semua SOPD wajib mensosialisasikan protokol kesehatan terkait pencegahan dan penanganan Covid-19, seperti pemakaian masker.

“Masih banyak di temui masyarakat dan pedangang di pasar-pasar yang tidak memakai masker, jadi ini tidak hanya tugas Dinas Kesehatan maupun BPBD, tapi tugas seluruh SOPD untuk mensosialisasikan,” ucapnya.

Dia berharap, Tim Gugus Tugas tetap mengatur agar protokol kesehatan tetap dilaksanakan pada setiap kegiatan.

“Seperti di pasar, agar aktifitas tetap menerapkan protokol kesehatan, begitu juga dengan instansi lain seperti pariwisata bagaimana mengatur karena sebagian obyek wisata sudah di aktifkan kembali,” pungkasnya.

Semua ini kerja keras pencegahan dan penanganan kalau kita semua bekerja sama saling koordinasi satu dengan lainnya.

Seterusnya, H A Chairansyah mengingatkan, kepada seluruh jajaran SOPD, karena sudah memasuki bulan Agustus, maka kegiatan yang ada rencanakan segera direalisasikan, agar penyelesaiannya kegiatan sesuai dengan target perencanaan yang telah disusun. ***