BARABAI, metro7.co.id – Program kegiatan safari Subuh Keliling (Suling) yang melibatkan kerjasama Pemkab Hulu Sungai Tengah (HST) dengan Organisasi NU dan Muhammadiyah pekan yang ke 191, di Masjid Al Faizin Manjang, kelurahan Barabai Barat, Jumat (4/12).

H Tamrin selaku pimpinan Suling Barabai kembali bersyukur, alhamdulillah, kegiatan Suling bisa dilanjutkan walaupun masih dalam kondisi pandemi Covid-19 dengan tetap patuhi protokol kesehatan.

“Suling biasa diisi dengan ceramah agama sebab masa pandemi, maka di isi dengan sosialisasi Covid-19 oleh Satgas Penanganan terkait prokes untuk keselamatan masyarakat HST,” katanya.

Bupati HST H A Chairansyah merasa bersyukur bisa bersilaturrahmi dan salat subuh berjamaah dengan warga setempat pada dimasa pandemi Covid-19.

Dia mengakui HST sudah zona orange, masih ditemukan penderita Covid-19. Untuk itu ia mohon kepada masyarakat untuk tetap patuhi prokes.

“Mudah-mudahan di HST ini tidak ada lagi ditemukan penderita Covid-19 dan pasien yang meninggal,” harapnya.

Sementara itu, Direktur RSHD H Damanhuri Barabai selaku Tim Satgas Penanganan Covid-19, dr M Asnal menjelaskan, sejarah singkat timbulnya Covid-19, gejala-gejala yang di timbulkan, bahayanya dan bagaimana cara melawan.

“Memutuskan mata rantai penularannya dengan penerapan prokes dengan memakai masker, hindari kerumanan, jaga jarak dan cuci tangan pakai sabun dengan air yang mengalir, serta penekanan kesadaran dan disiplin prokes, agar bersama-sama melawan Covid-19,” tutupnya.

Turut berhadir, Sekretaris Dewan, Direktur RSUD H Damanhuri Barabai, Sekretaris Dinkes HST, Kabag Kesra, Camat Barabai, unsur Kodim 1002/Barabai, Danramil Barabai, Babinsa, Lurah Barabai Barat, Perkumpulan Bikers Subuhan Barabai dan Jemaah Masjid Al Faizin Manjang. *