BARABAI, metro7.co.id – Kemudahan pelayanan sebagai peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dirasakan betul oleh Muhammad Khairil Ilmi (26).

Menurutnya kehadiran Aplikasi Mobile JKN menjadi terobosan yang sangat penting dan memberikan kemudahan baginya dan peserta BPJS Kesehatan yang lain.

Berkaca pada sang ayah, Ilmi bertekad untuk terus tergabung dalam Program JKN agar keluarganya memperoleh perlindungan dalam setiap kesempatan.

“Saya sehari-hari sibuk di pasar dan menjahit, sementara keluarga saya dirumah. Bisa jadi saya tidak mengetahui apa yang terjadi dirumah, tapi khusus untuk perlindungan jaminan kesehatan kami mempercayakan kepada BPJS Kesehatan karena selain pasti, kini juga pelayanannya mudah dan tidak ribet,” tutur Ilmi.

Ayah satu anak ini berkisah bahwa diantara dirinya dan anggota keluarganya, sang anaklah yang paling sering menggunakan BPJS Kesehatan untuk periksa kesehatan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP).

Kendati sering periksa ke FKTP, Ilmi mengakui bahwa keluarganya tidak pernah sampai dirujuk ke fasilitas kesehatan tingkat lanjutan.

“Ya, biasanya periksa karena sakit demam biasa atau periksa keluhan lainnya, tapi alhamdulillah tidak pernah sampai parah atau harus ke RS, mudah-mudahan jangan sampai pernah ke RS lah,” ujarnya.

Sebagai peserta segmen PBPU, sangat penting bagi Ilmi untuk memiliki fitur yang membantu dirinya dalam memantau status kepesertaan dan pembayaran iuran, dan Ilmi memperoleh semuanya pada Aplikasi Mobile JKN.

Bagi Ilmi aplikasi ini sangat memudahkan dirinya karena dimana saja dan kapan saja dirinya akan mampu mengetahui status kepesertaan dan informasi lain tentang kepesertaannya.

“Kebetulan kan istri saya sempat bekerja juga di puskesmas, disana sering memperoleh edukasi tentang Aplikasi Mobile JKN dan manfaatnya, nah karena tertarik saya juga install akhirnya supaya bisa cek status kepesertaan yang pembayaran iuran saya,” jelas Ilmi.

Ilmi mengaku kagum dengan aplikasi yang awalnya Ia kira hanya bisa untuk cek status kepesertaan saja ini, pasalnya aplikasi ini juga menawarkan fitur-fitur lain yang sangat membantu baginya.

“Menu seperti chat dengan dokter, pendaftaran antrean online, layanan pengaduan hingga menu-menu lain yang sudah sangat lengkap ini membuat saya sangat nyaman dan saya membuktikan sendiri menjadi peserta Program JKN penuh kemudahan,” tutupnya.