AMUNTAI, metro7.co.id – Dinas Pertanian Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) melalui Seksi Kesehatan Hewan memberikan vaksin anti rabies, Rabu (1/2) tadi.

“Pemberian vaksin ini merupakan program Seksi Kesehatan Hewan, terutama kepada Anjing, Kucing dan Kera,” ujar Subkoordinator Kesehatan Hewan, drh I Komang Agus saat diminta konfirmasi di kantornya.

Agus menerangkan, rabies adalah penyakit virus zoonosis yang ditularkan hewan terinfeksi rabies kepada manusia melalui gigitan.

Apabila terjangkit virus ini, gejala yang ditimbulkan diantaranya adalah, air liur berlebih, bereaksi berlebihan terhadap cahaya dan lebih agresif

“Hewan atau manusia yang terjangkit virus rabies memiliki gejala yang sama,” terang dia.

Untuk itu lanjut Agus, kepada masyarakat yang memelihara hewan seperti Anjing, Kucing dan Kera, bisa melapor ke kami untuk vaksinasi.

Selain itu, bagi masyarakat yang merasa resah dengan keberadaan hewan liar misal seperti anjing, bisa melaporkan kepada pihak Damkar.

“Ditempat kita cuma pelayanan kesehatan, untuk melapor bisa ke kecamatan dan teman-teman kecamatan nanti akan berkoordinasi pihak Damkar.” katanya.

Kepala Dinas Satpol PP dan Damkar HSU, Asikin Noor melalui Kabid Linmas dan Damkar, Barkat Syarul Kalam mengatakan, pihaknya selalu siap setiap saat apabila dibutuhkan masyarakat.

Sejak tadi malam hingga hari ini telah melakukan upaya penyelamatan dan pengamanan beberapa hewan, diantaranya sarang Tawon, Ular, dan tadi siang Anjing yang diserahkan ke pihak terkait untuk dilakukan vaksin.

“Intinya kita siap untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.” Pungkasnya. ***