Barabai — Untuk meningkatkan kinerja Humas, Pemerintah kabupaten HST mengirimkan dua orang perwakilannya untuk mengikuti Sekolah Jurnalisme Indonesia (SJI) Kehumasan yang diselenggarakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Kalimantan Selatan di Banjarmasin, Senin (1/4) lalu.
Acara yang dilangsungkan di gedung PWI  Kalsel ini diikuti oleh berbagai praktisi kehumasan dari instansi pemerintah, BUMN, dan perusahaan swasta dari berbagai daerah di Kalimantan Selatan sebagai salah satu bagian dari Peringatan Hari Pers Nasional Daerah 2013 dan Hari Ulang Tahun ke 67 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).
Kepala Bagian Humas HST, M Ramadhan, mengungkapkan keikutsertaan jajarannya dalam acara ini untuk meningkatkan kompetensi humasdalam memberikan informasi kepada masyarakat tentang kinerja Pemerintahan Kabupaten HST.
“Keikutsertaan pada sekolah jurnalistik kehumasan ini juga merupakan suatu langkah untuk menyegarkan kembali ilmu-ilmu yang pernah didapat dari pelatihan-pelatihan sebelumnya, sehingga nantinya Humas di Pemkab HST dapat menyampaikan informasi yang layak kepada masyarakat secara normatif,” ujarnya.
Selain itu, menurutnya media kehumasan penting untuk menjaga hubungan baik antara pemerintah daerah dengan masyarakat.Karena dengan demikian publik bisa memantau berbagai kegiatan yang sudah dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten HST.
Toto Fachrudin, Ketua Bidang Pendidikan PWI Kalsel, memaparkan bahwa SJI Kehumasan ini lebih menitikberatkan kepada praktik kepada peserta. “Inidilakukan agar peserta tidak terpaku pada teori saja, karena dengan terus berlatih peserta bisa lebih cepat menyerap materi yang disampaikan, dan tentu kami nanti akan terus mengadakan kegiatan seperti ini agar ilmu yang sudah diserap tidak menjadi sia-sia,” ungkapnya.
Peserta SJI Kehumasan selama dua hari diberi bekal materi mengenai seluk beluk penulisan berita kehumasan, bagaimana cara menjadi presenter dan MC yang baik, pembahasan tentang fotografi jurnalistik juga bagaimana penggunaan kamera televisi.  (AdvHumHST)