Tanjung — Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI) yang tergabung dalam Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) telah memasuki usia 63 tahun. Di Kabupaten Tabalong, perayaan hari ulang tahun (HUT) IGTKI-PGRI dilaksanakan di Gedung Sarabakawa Tanjung, Selasa (11/6) tadi.
HUT IGTKI-PGRI ini berlangsung cukup meriah. Lebih dari 600 orang guru dan kepala TK se Kabupaten Tabalong hadir dalam perayaan ini.
Sebelumnya telah dilaksanakan beberapa perlombaan untuk memeriahkan HUT IGTKI-PGRI ini. Diantaranya lomba senam dan lomba cerita tanpa alat yang dilaksanakan di TK Negeri Pembina Tanjung pada tanggal 14 Mei 2013.
Untuk senam, juara I diraih oleh TK Kecamatan Tanjung, juara II TK Kecamatan Murung Pudak dan juara III TK Kecamatan Haruai. Sedangkan lomba cerita tanpa alat juara I diraih TK Kecamatan Haruai, juara II TK Kecamatan Murung Pudak dan juara III TK Kecamatan Jaro.
Bupati Tabalong selaku penasehat IGTKI dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Sekretaris Daerah Drs H Abdel Fadillah MSi mengharapkan dengan bertambahnya usia bisa semakin meningkat pula kualitas dan kreatifitasnya dalam mewujudkan generasi bangsa yang berkualitas dari sejak usia dini.
Perkembangan TK yang sangat pesat hingga ke pedesaan di merupakan suatu perkembangan yang sangat positif dan menyiratkan rasa bangga sekaligus tantangan agar kiranya dapat mengelolanya dengan sebaik mungkin.
Maka dari itu di perlukan berbagai terobosan dan tindakan nyata dari IGTKI-PGRI agar bisa meningkatkan kuantitas maupun kualitas pendidikan sarana serta prasarananya secara sinergis. Karena di antara sekian banyak TK yang ada saat ini, pada kenyataannya baru sebagian yang fasilitasnya tergolong layak.
“Meski demikian, pergerakan ke arah perbaikan TK, baik secara kualitas maupun kuantitas sudah menunjukan adanya peningkatan yang menggembirakan dan sekaligus kita patut menyukurinya,” kata Abdel.
Ia berharap seluruh jajaran pengurus IGTKI-PGRI Kabupaten Tabalong membenahi roda kepengurusan agar dapat menjawab segala tantangan perubahan yang terjadi akhir-akhir ini. Sehingga dengan begitu organisasi IGTKI dapat menjalankan peran dan fungsinya sesuai tujuan awal didirikannya organisasi IGTKI. (Metro7/Via)