Nampak Ir H Arifin Noor MT, ketika berfoto bersama dengan para alim ulama dan tokoh masyarakat di Majelis Taqlim Tembok Baco Pudak Setegal Kecamatan Kelua, belum lama ini. (foto:ist)
Tanjung — Peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad S.A.W setiap tahun senantiasa diperingati oleh warga musim di berbagai daerah baik di dalam negeri sendiri maupun luar negri. Masyarakat muslim dengan peringatan Maulid yang merupakan kelahiran Baginda Rasulullah pada tanggal 12 Rabiul Awal selalu disambut dan diperingati selama satu bulan penuh oleh masyarakat umat muslim, khususnya di Kabupaten Tabalong.
Sedangkan tradisi masyarakat khususnya masyarakat di kabupaten Tabalong dalam menyambut peringatan Maulid Nabi dilaksanakan dengan cara serentak di tiap RT/RW. Tradisi ini sudah membudaya sejak dahulu bahkan persiapan untuk memperingati perayaan Maulid dilaksanakan satu tahun sebulannya melalui Yasinan kelompok baik di Rukun Tetangga (RT) dan komplek-komplek Yasinan lainnya dengan cara menabung.
Bagi sosok Ir H Arifin Noor MT, yang sekarang baru dilantik oleh Bupati Tabalong H Rachman Ramsyi sebagai Kepala Bappeda Tabalong, bulan Maulid merupakan bulan berkah dan harus dilalui dengan suka cita untuk membesarkan Baginda Rasulullah SAW.
“Pada bulan ini kita khusus membesarkan Rasulullah SAW, menyemangati perjuangan dan pengorbanannya hingga sampai akhir hayatnya. Dan semua prilaku yang dilakukan oleh Rasulullah harus kita tiru, baik ucapan dan perbuatannya,” ujarnya dalam perbincangan dengan Metro7, disela-sela kunjungannya, belum lama ini.
Karena banyaknya undangan Maulid yang menghajatkan dirinya untuk datang, membuat pria murah senyum ini harus meluangkan dan membagi waktu, meskipun kadang-kadang ia harus naik kendaraan roda dua untuk mendatangi hajatan warga yang mengundangnya itu.
“Orang mengundang bearti mengharapkan kedatangan kita, kalau kita tidak datang mereka akan kecewa, dan itu tidak membangun sikap kebersamaan. Jadi meskipun harus jalan kaki atau naik sepeda motor saya akan selalu berusaha hadir,” tutur Arifin.
Hal yang sangat menarik adalah ketika ia mendatangi Maulid di Majelis Tembok Baco Kecamatan Kelua. Di tengah-tengah puluhan tokoh alim ulama, Arifin mendapat sambutan hangat untuk bisa berhadir disana.
“Alhamdulillah pak Arifin bisa hadir hari ini, dan kami masyarakat serta jemaah majelis taqlim sangat bersyukur dengan kedatangan beliau,” ujar sejumlah tokoh masyarakat kepada Metro7 disana. (Metro7/via/sari)