Tanjung — Selain mendukung program pemerintah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, PT Adaro Indonesia juga telah membangun fasilitas umum. Salah satunya adalah pembangunan Islamic Center yang menjadi kebanggan warga Tabalong.
Tabalong Islamic Center dibangun di atas lahan seluas 8 hektar di Desa Maburai Kecamatan Murung Pudak. Selain Mesjid Al Abrar yang mampu menampung 3500 orang Jemaah, di areal ini juga dibangun tempat manasik haji, lengkap dengan miniatur ka’bah serta bangunan untuk praktek tawaf, sa’i dan lempar jumrah. 
Pembangunan Islamic Center ini yang menelan biaya sekitar Rp 52 miliar. Peletakan batu pertama yang dilakukan oleh Bupati H Rachman Ramsyi bersama Presiden Direktur PT Adaro Indonesia H Boy Garibaldi Thohir pada bulan Agustus 2010.
Islamic center rampung dibangun pada tahun 2012 lalu dan diresmikan oleh Gubernur Kalimantan Selatan Drs H Rudy Arifin saat melakukan Safari Ramadhan di Kabupaten Tabalong.
Islamic Center yang berdiri megah itu tentu saja menjadi kebangaan bagi warga Tabalong. Bangunan yang menelan biaya cukup besar ini menjadi ikon baru Bumi Saraba Kawa, selain Gedung Graha Sakata Kantor DPRD Tabalong.
“Masjid Raya Al Abrar juga bisa dimanfaatkan bagi masyarakat untuk acara pernikahan di samping kegiatan-kegiatan keagamaan,” kata Bupati Rachman Ramsyi, beberapa waktu lalu. (Metro7/Via)