Barabai — PT Askes Cabang Barabai kini telah memiliki kantor baru yang berada di Jalan Murakata. Peresmian kantor baru itu dilakukan oleh Direktur Kepesertaan dan Hubungan Antar Lembaga PT Askes (Persero), drg Sri Endang Tidarwati Wahyuningsih MM, Kamis (14/2) tadi, yang dihadiri oleh Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) Dr Ir H Harun Nurasid MM MT bersama Ketua TP PKK HST Hj Tintainah Harun Nurasid.
Kepala Divisi Regional VIII PT Askes, dr Tolopan Tobing MM CERG dalam laporannya menyampaikan wilayah kerja Kantor Cabang Barabai melaiputi enam kabupaten. Jumlah peserta sebanyak 113.782 orang yang terdiri dari PNS, pensiunan dan veteran beserta keluarganya masing-masing.
“Untuk wilayah Kabupaten HST sebanyak 24.507 peserta, HSS 25.301 peserta, HSU 20.769 peserta, Tabalong 19.000 peserta, Tapin 16.116 dan Balangan 8.089 peserta,” katanya.
Sementara drg Sri Endang Tidarwati Wahyuningsih MM dalam sambutannya mengatakan pada tanggal 1 Januari 2014 mendatang, PT Askes berubah menjadi BPJS Kesehatan. “Jaminan kesehatan tidak hanya kepada peserta PT Askes, tetapi juga untuk seluruh penduduk di Indonesia yang di dalamnya ada Jamsostek, Jamkesmas dan lainnya,” terangnya.
Lebih lanjut, Sri Endang menyatakan bahwa PT Askes (Persero) telah siap mengemban tugas menyelenggarakan program Jaminan Kesehatan (JK) bagi seluruh penduduk Indonesia. Sejumlah langkah telah dipersiapkan, mulai dari perencanaan sumber daya manusia, perluasan jaringan organisasi, sistem informasi dan memperluas kerjasama dengan fasilitas kesehatan untuk meningkatkan pelayanan kepada peserta dan anggota keluarganya.
“Transformasi dari PT Askes (Persero) menjadi badan hukum publik BPJS Kesehatan memang memerlukan komitmen yang kuat dari seluruh jajaran PT Askes (Persero), karena proses transformasi tersebut sangat kompleks. Bukan saja menyangkut struktur organisasi, tetapi juga kultur organisasi dan melibatkan kepentingan jutaan peserta yang harus mendapat pelayanan yang lebih baik,” ungkapnya lagi.
Pada kesempatan itu Harun Nurasid juga menyampaikan ucapan selamat kepada PT Askes (Persero) Cabang Barabai atas peresmian kantor baru ini. “Hal ini salah satu bentuk dari PT Askes untuk meningkatkan kinerjanya dan partisipasinya  dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat serta kontribusinya dalam membantu program pemerintah dalam bidang kesehatan dan kesejahteraan masyarakat HST ini,” ujar Harun. (AdvHumHST)